5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Oleh Dunia

0
833

Warisan budaya Indonesia terkenal dengan keberagamannya, mulai dari bahasa, suku, ras, adat istiadat, hingga budaya lainnya. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya masing-masing. Jika disatukan, maka Indonesia telah memiliki kekayaan selain alam yakni budaya yang beraneka ragam. Budaya yang beragam bentuknya ini kemudian menjadi warisan leluhur yang patut kita jaga dan lestarikan hingga seumur hidup kita nanti.

Ada banyak sekali warisan budaya Indonesia yang telah diteruskan kepada generasi muda. Beberapa di antaranya pun telah mendapat pengakuan secara resmi dari dunia internasional. Termasuk secara tertulis oleh UNESCO yang mengakui beberapa warisan budaya yang ada di Indonesia. Hal ini tentu membuat Indonesia makin dikenal oleh manca negara. Wisatawan asing pun mulai berdatangan berkat adanya kekayaan budaya ini.

Nah, kira-kira warisan budaya Indonesia mana saja yang masuk dalam kategori diakui dunia dan tertulis oleh UNESCO? Berikut ini telah kami rangkum sebanyak lima warisan budaya dari Indonesia yang telah mendapat pengakuan oleh dunia internasional secara resmi. Langsung simak aja yuk!

1. Warisan budaya Indonesia: Tarian Reog Ponorogo

Warisan budaya indonesia
via images.google.com

Tarian yang dulu perah diklaim oleh negara tetangga ini merupakan warisan budaya yang diakui oleh dunia internasional. Tarian bernama Reog Ponorogo yang berasal dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Tarian yang menyuguhkan aksi para penari jatilan, dengan sederet pengiringnya, dan tokoh utama sebagai Reog-nya.

Reog Ponorogo ini muncul dalam bentuk topeng dadak merak, dimana memiliki kepala harimau yang di atasnya terdapat burung merak, lengkap dengan bulu-bulu cantiknya. Biasanya dalam pagelaran tarian Reog Ponorogo, juga diiringi dengan tabuhan gamelan yang semarak dan beberapa aksi berbahaya dari sang manggoloyudo.

2. Benda pusaka keris

Warisan budaya indonesia
via images.google.com

Warisan budaya Indonesia selanjutnya ialah benda pusaka keris, yang dahulu pada masa kerajaan kerap digunakan oleh raja-raja untuk berperang. Benda pusaka ini merupakan benda yang paling digandrungi oleh para kolektor masa kini. Sebab, benda ini menyimpan banyak filosofi dan juga hal mistis di dalamnya yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Benda pusaka keris ini telah diakui UNESCO pada 25 November 2005. Benda pusaka keris ini masuk dalam kategori “Masterpiece the Oral and Intangible Heritage of Humanity”. Benda pusaka keris telah ada sejak abad ke-9 silam, yang biasanya terbuat dari logam.

3. Alat musik angklung

Warisan budaya indonesia
via images.google.com

Alat musik asal Jawa Barat yang memiliki bunyi menenangkan serta nagih untuk didengar. Yap, benar. Angklung, namanya. Alat musik ini sangatlah unik yang terbuat dari bambu, dengan memiliki beberapa nada yang bisa disesuaikan dan dimainkan dengan apik. Cara memainkan alat musik angklung adalah dengan menggoyangkannya.

Alat musik angklung ini pun masuk dalam jajaran warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia secara resmi. UNESCO pun telah mengakui dan membuat sertifikasi pada alat musik angklung sebagai World Heritage pada 19 Januari 2011 lalu. Bahkan, beberapa negara seperti Jepang, Malaysia, dan Korea, mengajarkan murid sekolahnya tentang cara memainkan alat musik angklung.

4. Busana batik

Warisan budaya indonesia
via images.google.com

Warisan budaya dari Indonesia selanjutnya ialah busana batik. Mungkin dari kita sudah tidak asing lagi, karena telah sering mengenakan batik apabila menghadiri acara-acara resmi seperti pernikahan, rapat kedinasan, di sekolah, hingga pada peringatan hari batik. Busana batik sejatinya telah menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Keunikan corak, kerumitan cara pembuatan dan penggunanya yang banyak, membuat UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya dunia pada Oktober 2009 lalu. Bahkan beberapa artis manca negara pun turut serta mengenakan batik dengan bangganya. Sebut saja Dacota Fanning, Jessica Alba, hingga Paris Hilton.

5. Pagelaran wayang

Warisan budaya indonesia
via images.google.com

Warisan budaya Indonesia yang terakhir dalam artikel ini adalah pagelaran wayang. Wayang sendiri merupakan warisan budaya yang awalnya bermula dari Jawa. Dulu, sewaktu Walisongo berdakwah di tanah Jawa, mereka menggunakan pagelaran wayang sebagai medianya. Cerita-ceritanya pun memiliki makna mendalam soal kehidupan.

Wayang itu sendiri merupakan budaya yang cara memainkannya harus dimainkan oleh dalang. Selain dalang juga ada pengiringnya berupa alat musik gamelan yang dimainkan oleh para profesional. Kemudian, pada ceritanya, biasa menceritakan tentang kisah peperangan yang dibaliknya terdapat tokoh dan karakter yang penuh filosofis.

Itulah tadi sederet ulasan tentang warisan budaya Indonesia yang mampu mendapat pengakuan dari dunia internasional. Warisan budaya ini tidak hanya patut dibangga-banggakan, tetapi juga harus dilestarikan. Supaya nantinya, anak cucu kita masih bisa melihat betapa kayanya Indonesia dengan keberagaman budayanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here