Trend Fashion Sebagai Kebutuhan Gaya Hidup Manusia Zaman Milenial

0
685

Fashion lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai busana ataupun objek yang digunakan sebagai sandang untuk hidup manusia. Fashion ini menjadi kebutuhan gaya hidup manusia karena tujuan utamanya sebagai penunjang penampilan.

Dahulu busana hanya digunakan sebagai kebutuhan untuk melindungi bagian tubuh manusia dari sengatan sinar matahari, serangan serangga, bakteri dan sebagainya. Namun, seiring berkembangnya waktu busana menjadi salah satu item yang harus dimiliki oleh penduduk planet bumi ini untuk kebutuhan gaya hidup. Tidak hanya berkutat pada bahan yang melekat langsung dengan kulit manusia, yang disebut sebagai fashion (busana) juga hiasan yang melengkapi busana tersebut.

Yang dapat dikatakan fashion antara lain gaya dalam berpakaian, sehingga menarik untuk dilihat oleh orang lain. Tidak hanya pakaian yang berbahan dasar kain, melainkan juga aksesoris yang menghiasi dan menambah kesan yang indah yang dipasangkan di area tubuh. Seperti misalnya kalung, gelang, cincin, topi, dasi, ikat pinggang, pin/bros, dan lain sebagainya.

Dasar Mix and Match Fashion

Untuk mendapatkan gaya berbusana yang menarik dan unik, tentunya tidak bisa seenak hati untuk memadu-padankan dan memasangkan (mix and match) jenis busana. Tentunya pengetahuan dasar untuk memadu-padankan fashion diperlukan untuk menarik perhatian. Berikut cara dasar memadu-padankan fashion:

  • Menyesuaikan dengan warna yang cocok

Bagian atasan (baju) harus disesuaikan dengan warna yang matching dan cocok dengan bagian bawahan (celana), sehingga tidak menciptakan kesan yang mencolok namun tetap selaras.

  • Menyesuaikan dengan motif yang digunakan

Jika bagian atasan sudah penuh dengan motif yang rumit usahakan untuk menggunakan bagian bawahan yang minim motif atau bahkan menghindari motif-motif yang terlalu mencolok. Karena hal ini dapat menyebabkan ketidak-padanan estetika dari sebuah busana yang digunakan.

  • Sesuaikan fashion dengan acara yang akan dihadiri

Tentunya busana yang anda gunakan harus sesuai dengan acara yang akan anda datangi supaya tidak salah kostum sehingga menjadi orang yang mencolok. Gunakanlah pakaian yang pantas untuk menghadiri acara tersebut, sehingga anda perlu memahami pengertian formal, non-formal, semi-formal, dsb.

  • Up to Date trend fashion yang sedang booming/in

Fashion sebagai gaya hidup tentunya tidak jauh dengan kepopuleran yang sedang memasyarakat sehingga digemari. Anda perlu up to date mengenai gaya berbusana yang sedang digemari dikalangan anda serta item aksesoris yang cocok untuk menambahkan gaya busana, sehingga anda tetap mampu menjadi keren, stylish, dan tidak memiliki gaya yang kuno atau out of date.

Style yang anti-mainstream

Fashion yang menarik terkadang juga dapat dilihat melalui detail dan keunikkannya. Bukan berarti semua yang sedang hits dan tren merupakan tuntutan fashion yang ‘harus’ di tiru. Karena terkadang yang berbeda bisa menciptakan tren yang baru juga. Dengan ide ‘out of the box’ dalam mix and match produk fashion gaya anda malah bisa menjadi lebih tenar dan populer.

Dengan pilihan gaya yang sesuai dengan kegiatan atau aktifitas yang diakukan, kenyamanan pemakai, serta tetap memperhatikan item tambahan seperti aksesoris yang cocok akan memberikan nilai tambah untuk estetika sesuai dengan pilihan akan menjadikan style fashion yang terbaik untuk anda.

Bahkan untuk menjadi anti-mainstream, anda juga bisa mendesain aksesoris anda sendiri secara custom, sehingga berbeda dengan yang lainnya dan menjadikannya lebih unik dan menarik. Pembuatan desain item aksesoris yang custom ini bisa meningkatkan daya kreatifitas dalam berbusana.

Karena fashion merupakan bagian dari gaya hidup manusia, tentunya setiap orang memiliki pilihan style-nya masing-masing sesuai kegemarannya. Sehingga ide seperti pembuatan custom terhadap produk aksesoris maupun busana sesuai desain masing-masing orang akan menjadi ide yang baik dan patut dicoba untuk menciptakan jati diri anda dalam berbusana.

Gaya Berbusana Kaum Milenial

Fashion sebagai gaya hidup kaum milenial tentunya merupakan gaya yang terus berkembang mengikuti zamannya, yang juga disesuaikan dengan kenyamanan dan style masing-masing pengguna. Kaum milenial lebih memilih gaya berbusana yang sedang diminati kalangan tersebut sehingga tetap kekinian dan up to date. Juga kebanyakan kalangan ini lebih memilih gaya kasual yang simple untuk dipadu-padankan dengan item fashion lainnya.

Item yang sedang digemari kaum milenial saat ini antara lain:

  • Sneakers / sepatu kets

Saat ini kebanyakan remaja maupun seorang dewasa lebih memilih menggunakan sepatu kets yang lebih fleksibel untuk digunakan dalam hampir semua kegiatan, baik formal maupun non-formal. Pilihan sepatu ini lebih digemari karena selain nyaman untuk digunakan, item fashion yang satu ini memiliki banyak pilihan dan jenisnya. Mulai dari yang sporty, casual, manly, hingga girly yang feminin.

  • Kacamata

Umumnya kacamata digunakan bagi orang-orang memiliki keterbatasan dalam melihat suatu objek tertentu dari kejauhan tertentu pula. Namun, seiring berkembangnya zaman, kacamata mulai memiliki banyak jenis kegunaan dan bentuk yang berbeda dan unik, sehingga bisa menjadi item aksesoris untuk fashion. Perkembangan ini memberikan dampak yang cukup kuat sehingga kini kacamata juga digunakan untuk orang yang tidak memiliki masalah kesehatan mata dan dijadikan sebagai tren fashion yang kekinian.

  • Jam Tangan

Selain memiliki fungsi sebagai pengingat waktu, kini jam tangan juga lebih menampilkan fungsi estetikanya bagi pemakainya. Dengan desain dan tampilan yang beragam seperti gaya yang menyerupai gelang yang girly, tampilan yang sporty, juga tampilan yang elegan sehingga manly. Kini jam tangan sangat digemari untuk digunakan melengkapi gaya berbusana seseorang.

  • Tas

Sama halnya seperti jam tangan, selain memiliki fungsi terapan kini para distributornya juga lebih meningkatkan estetika untuk penggunanya. Berbagai macam jenis dan bentuk tas bisa anda sesuaikan dengan busana yang anda gunakan untuk menghadiri suatu acara.

  • Hijab

Hijab memiliki fungsi utama bagi kaum hawa untuk menutupi aurat wanita bagian atas. Namun, kini hijab biasa digunakan untuk gaya berpakaian kaum wanita. Karena kini hijab memiliki banyak jenis dan ukuran kain dengan corak motif yang beragam pula sehingga pengguna bisa lebih fleksibel untuk memadu-padankan dengan busananya. Selain itu, hijab juga bisa dibentuk dengan beragam model sehingga lebih terlihat modis.

Tidak hanya berhenti pada aksesoris, gaya berbusana (fashion) kini juga lebih didukung dengan adanya make-up. Make-up, juga sedang menjadi pokok bahasan yang hangat dikalangan kaum milineial terutama wanita. Make-up juga menambah karakter seseorang sehingga aura seseorang bisa lebih terpancar dan gaya berbusana juga menjadi lebih menarik.

Yang tidak kalah penting dalam sebuah style berbusana, adalah sikap dari pengguna tersebut. Karena sejatinya fashion akan terlihat lebih menawan jika penggunanya memiliki kepercayaan diri yang baik, tidak berlebihan tapi juga tetap percaya diri. Orang yang memilik aura menawan sebenarnya lebih terpancar dari dalam dirinya secara alami. Sehingga pengguna hanya perlu melengkapi kekurangan yang dia miliki melalui gaya berbusananya tersebut sehingga penampilan dari seorang individu menjadi lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here