Tips Memilih Baju Renang untuk Muslimah yang Cocok untuk Dikenakan

0
529

Baju renang identik dengan keseksian karena selama ini mungkin anda hanya tahu baju renang two pieces atau one piece saja. Baju renang wanita sendiri lebih dikenal dengan nama bikini. Tetapi untuk saat ini ternyata ada juga baju renang khusus untuk wanita muslimah dan disini akan diulas seputar tips memilih baju renang untuk muslimah.

Seperti yang anda tahu, baju renang memang selalu menonjolkan keseksian wanita karena sebagian tubuh akan terekspos. Tetapi untuk para muslimah sendiri tentu saja tidak boleh mengenakan bikini di tempat umum. Baju renang mereka desainnya sangat berbeda dan saat ini istilah burkini pun sering kali anda dengar bukan?

Tips Memilih Baju Renang untuk Muslimah yang Bisa Dicoba

Burkini merupakan pakaian renang untuk para muslimah. Pakaian renang bagi wanita berhijab tentu saja beda dengan baju renang (bikini). Burkini lebih tertutup namun masih tetap nyaman bila dipakai untuk berenang. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda coba.

  1. Pilih bahan yang tidak menyerap air

Salah satu tips memilih baju renang untuk muslimah adalah memilih bahan baju yang tidak menyerap air. Mengapa ini penting? Karena jika dipakai untuk berenang nantinya tidak akan terasa berat. Mengingat baju renang muslimah itu bisa menutupi seluruh badan, maka hal wajib pertama yang harus dilakukan adalah memilih bahan yang tidak menyerap air.

Baju renang yang tidak menyerap air tentu saja akan memudahkan anda dalam berenang. Selain itu nantinya aktifitas anda tidak akan ribet dan jauh lebih santai. Anda tidak akan direpotkan dengan memeras air pada pakaian renang supaya tidak terasa berat.

  1. Cari yang tidak ketat

Hal penting yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mencari bahan yang tidak ketat. Meskipun baju tersebut tidak menyerap air tetapi nanti jika dipakai menjadi ketat, maka sebaiknya hindari baju renang tersebut. Bagi muslimah sendiri memang tidak diperbolehkan memakai pakaian ketat karena bisa menonjolkan lekukan tubuh. Carilah bahan baju renang yang elastis namun juga tidak menyerap banyak air.

  1. Cari yang tidak transparan

Tips memilih baju renang untuk muslimah yang satu ini tak kalah pentingnya. Mencari baju renang yang bahannya tidak transparan itu sangat disarankan. Meskipun baju renang tersebut bisa menutupi badan tetapi saat dipakai nanti malah transparan atau menerawang tentu saja ini sama halnya bohong.

Baju renang khusus untuk muslimah harus yang benar-benar tebal tidak menerawang karena nanti bisa memperlihatkan aurat. Dengan begitu anda menjadi tidak nyaman sendiri bukan? Mencari baju renang muslimah yang tidak transparan itu gampang, anda tinggal lihat saja bahan kain yang dipakai.

  1. Pilih baju renang berwarna cerah

Memilih baju renang berwarna cerah sebenarnya tidak begitu direkomendasikan atau tidak wajib. Bagi muslimah yang senang dengan warna gelap juga tidak masalah. Namun untuk menambah kesan cantik dan enak dilihat maka pilihlah yang berwarna cerah. Atau mungkin anda bisa memilih baju renang dengan berbagai motif seperti bunga-bunga. Carilah baju renang yang warnanya cerah menyenangkan mata.

  1. Memilih kerudung yang pas

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah memilih kerudung yang pas. Berenang dengan memakai kerudung itu memang harus dengan kerudung yang pas. Pas di sini adalah ketika dipakai berenang tidak lepas. Salah satu pilihan hijab yang direkomendasikan adalah model turban dan carilah yang instan. Jangan memilih jilbab turban dari pashmina karena nanti rawan lepas saat dipakai berenang.

Selain itu, anda bisa melengkapinya dengan ciput atau dalaman jilbab supaya bisa menutup rambut sampai rapat. Tetapi agar tidak gampang lepas anda bisa menambahkan jarum pentul supaya jilbab benar-benar kuat.

  1. Pilih celana dengan ujung karet

Memilih celana dengan ujung karet merupakan salah satu tips memilih baju renang untuk muslimah. Saat berenang usahakan anda mengenakan celana model tersebut seperti jogger pants. Mengapa? Karena nantinya bila dipakai untuk berenang celana tidak akan terangkat ke atas. Anda masih tetap bisa menutupi bagian kaki apabila digunakan untuk berenang. Jadi, pemilihan celana dengan ujung karet di pergelangan kaki sangat disarankan.

  1. Pilih baju renang yang tidak berbahan licin

Tips selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah memilih baju renang tidak berbahan licin. Mengapa ini penting? Karena jika anda memilih baju renang dengan bahan licin nanti bila dipakai berenang akan terlihat ketat. Dengan demikian aurat anda pasti masih kelihatan dan anda pun berenang menjadi tidak nyaman. Jadi, anda harus menghindari baju renang dengan bahan licin tersebut.

  1. Hindari memakai legging

Sebagian besar muslimah pasti selalu memakai legging untuk berenang. Celana legging memang tidak akan mudah terangkat ke atas bila dipakai untuk berenang namun celana legging dipakai bisa menonjolkan lekukan kaki. Jadi sebaiknya anda menggunakan celana yang longgar saja untuk berenang daripada anda harus memakai legging, tetap saja aurat anda akan kelihatan.

  1. Pilih bahan baju yang tahan dengan kaporit

Tips memilih baju renang untuk muslimah selanjutnya adalah memilih baju yang tahan dengan kaporit. Berenang di kolam renang bisa membuat warna baju renang anda memudar apabila bahan yang dipakai tidak tahan kaporit. Jadi, anda bisa memilih baju renang khusus muslimah yang terbuat dari bahan chlorine resistant supaya baju renang anda warnanya tetap awet tidak memudar.

  1. Pilih baju renang yang anda sukai

Satu lagi tips yang tak kalah pentingnya adalah memilih baju renang yang anda sukai. Namun di sini masih tetap menutup aurat, tidak ketat dan transparan. Anda bisa memilih baju renang dengan warna cerah atau pun warna gelap, tergantung selera masing-masing. Kemudian anda juga bisa memilih baju renang bermotif atau kah polos. Namun sebaiknya pilih yang bermotif saja untuk menambah kesan cantik.

Selain itu untuk pilihan hijabnya juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika anda senang dengan hijab turban instan maka gunakan saja atau anda punya pilihan jilbab yang lainnya. Yang paling terpenting adalah jilbab tidak akan lepas ketika dipakai untuk berenang.

Tips-tips di atas bisa anda coba ketika akan memilih baju renang muslimah. Baju renang muslimah atau lebih dikenal dengan nama burkini telah menjelma sebagai fenomena baru di dunia fashion. Bagi para muslimah yang ingin berenang di tempat umum tentu saat ini tak perlu bingung lagi memilih pakaian renang.

Baju renang untuk muslimah sendiri desainnya memang dibuat seperti baju atasan dan celana bawahan. Namun desainnya tentu lebih berbeda dan bahan yang dipakai pun sudah sesuai tidak menyerap air dan tahan terhadap kaporit. Tips memilih baju renang untuk muslimah di atas semoga bisa membantu anda nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here