Tips Digital Marketing Bagi Startup agar Bisnis Kian Berkembang

0
137

Marketing adalah hal yang penting dalam menjalankan bisnis, begitu pula dengan startup. Kini terdapat salah satu terobosan strategi penjualan yang lebih efisien serta lebih modern, yaitu digital marketing. Digital marketing merupakan strategi pemasaran produk secara digital yang cocok diterapkan untuk mempromosikan bisnis startup Anda. Berikut adalah tips digital marketing bagi startup ala Rifqi Mulyawan yang dapat digunakan untuk membantu promosikan bisnis Anda.

Tips Digital Marketing yang Berguna Bagi Startup

  1. Tentukan tujuan

Ketika membangun startup tentunya sudah memiliki pihak atau pasar mana yang akan dituju. Hal tersebut sangatlah penting bagi setiap bisnis karena tujuan bak pondasi ketika membangun rumah. Memiliki tujuan yang jelas dapat menentukan arah mana yang akan diambil oleh startup tersebut ke depannya.

Rincikan dan susunlah tujuan yang ingin dicapai sejak awal sebab hal tersebut dapat membantu bisnis tersebut tetap berada pada jalurnya. Selain itu, Anda bisa menyusun langkah serta alternatif apa saja yang dapat membantu startup tersebut agar berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Buatlah Isi Konten yang Menarik

Di dunia digital marketing konten adalah segalanya. Dalam pembuatannya pun Anda memerlukan analisis dan riset terlebih dahulu agar konten dapat berpengaruh secara optimal. Diperlukan kreativitas yang tinggi. untuk menghasilkan konten yang berkualitas sebab semakin unik dan berbeda isi konten semakin menarik pula bagi pelanggan.

Buatlah konten menarik dan berkualitas dengan menonjolkan hal menarik apa yang ditawarkan atau dimiliki startup tersebut. Gunakan ide-ide kreatif untuk membangun konten dari banyak sumber. Anda bisa memanfaatkan tren terkini sebagai teman konten yang menarik atau bisa juga dengan berbagi pendapat serta informasi dengan orang di sekeliling untuk menemukan inspirasi baru.

  1. Marketing Menggunakan Sosial Media

Setelah menetapkan tujuan dan mempunyai konten yang menarik maka langkah berikutnya yaitu eksekusi dengan memasarkannya agar banyak diketahui orang. Sesuai dengan konsep digital marketing maka manfaatkan penjualan dengan sosial media yang ada. Layanan sosial media yang bervariasi dan beragam jenisnya ini dapat dijadikan sebagai pasar untuk mempromosikan startup Anda.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi sosial media yang kini populer untuk menarik minat para pelanggan. Hal ini sangat efektif karena Anda tak perlu menyiapkan dana berlebih untuk promosi namun bisa menjaring pelanggan dari berbagai kalangan dan berbagai tempat.

Hal yang harus diketahui ketika memasarkan layanan atau produk secara digital adalah prosesnya yang tidak instan. Anda harus sabar dan konsisten dalam membangun strategi promosi agar dapat menghasilkan yang diinginkan. Selain itu, selalu update untuk menganalisa kebutuhan pasar agar tahu apa saja yang sedang in dan tak ketinggalan informasi.

  1. Lakukan Evaluasi

Setelah menentukan langkah-langkah tersebut dan menjalankannya, hal yang paling penting dari tips digital marketing ala Rifqi Mulyawan adalah melakukan evaluasi. Langkah tersebut merupakan penilaian atas capaian apa saja yang telah dilakukan. Apakah tujuan dan pencapaian sudah dipenuhi atau belum,

Apabila tujuan belum terlaksana tentukan langkah apa yang akan diambil agar bisa mewujudkannya dan apabila tujuan telah tercapai buatlah strategi agar hal tersebut tetap bertahan. Lakukan evaluasi secara rutin dan berkala agar Anda dapat mengetahui kekurangan dan pencapaian apa saja yang telah diperoleh dalam kurun waktu tertentu.

Demikianlah informasi singkat mengenai tips digital marketing bagi startup ala Rifqi Mulyawan yang dapat diterapkan untuk strategi bisnis startup. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perlunya perencanaan dan penanggulangan yang tepat ketika memasarkannya secara digital. Lakukan setiap langkah tersebut agar pelanggan tertarik pada startup Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here