Tips Ampuh, 7 Cara Alami Atasi Ngorok Saat Tidur

0
799

Setiap manusia diciptakan berbeda mereka selalu mempunyai kelebihan dan kekurangan yang harus kita terima jikalau kita menapatkan seorang pasangan yang suka ngorok saat tidur. Sebenarnya ngorok diakibatkan lelahnya seseorang saat beraktifitas seharian, namun ada juga yang sudah bawaan dari lahir.

Tahukah anda bahwa terlalu sering ngorok akibatnya tidak baik bagi kesehatan. salah satunya waktu dan kualitas tidur berkurang. Ketika kita kurang tidur maka akan mempengaruhi suasana hati, tingkat stres, seksualitas, dan kemampuan untuk menahan nafsu makan. Bahkan, suara dengkuran yang keras bisa merusak hubungan.

Bagi kalian yang sulit untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur, maka coba ikuti beberapa cara dibawah ini.

Berat Badan Ideal

Kenaikan berat badan bukan hanya memicu timbulnya penyakit, namun resiko untuk tidur mendengkur pun sangat besar. menimbulkan kehadiran lemak di saluran napas. Saat tidur hal ini akan menimbulkan bunyi dengkuran,” kata Cortes.

Maka dari itu jagalah tubuh anda lakukan olahraga untuk menjaga kestabilan berat badan, anda juga boleh mengikuti saran tips diet sehat alami yang sudah banyak dimana-mana.

Tidur Menyamping

Seseorang yang tidur terlentang sangat besar menimbulkan dengkuran, karena arah pangkal lidah menurun sehingga dekat dengan tenggorokan. Posisi yang terbaik adalah menyamping, karena dengan tidur menyamping posisi pangkal lidah kita akan miring dan tidak bisa mengeluarkan dengkuran saat tidur.

Semprot Hidung

Menurut Cortez membersihkan hidung sangat berdampak besar pada pernafasan dimalam hari, oleh karena nya ia menyarankan untuk menyemprot hidung untuk menyegarkan nafas kita dan meminimalisir munculnya suara dengkuran saat tidur.

Sering Mengunyah Permen Karet

Dengan bertambahnya usia maka jaringan yang melapisi tenggorokan menjadi lembek apalagi jika ia memiliki kebiasaan mendengkur maka itu akan sulit dihilangkan. Dengan mengunyah permen karet setidaknya kita bisa menjaga jaringan yang melapisi tenggorokan agar tetap utuh.

Agar saluran udara tidak sempit, Cortes menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula dua kali sehari selama 20 menit. Hal ini berfungsi untuk melatih mulut, lidah, rahang, dan otot-otot wajah. Sehingga potensi tidur mengorok akan menurun.

Banyak Minum Air Putih

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka proses pelepasan lendir dihidung dan langit-langit lunak menjadi lengket hal itu bisa menimbulkan dengkuran saat tidur. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga ion tubuh tetap stabil.

Jangan Merokok

Merokok bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah menyebabkan hidung dan paru-paru tersumbat. Dengan keadaan seperti itu reaksi untuk timbul dengkuran akan semakin tinggi. Maka berhentilah merokok sekarang juga jika tidak ingin bahaya akibat rokok terjadi pada diri anda.

Hindari minuman Keras dan Obat Tidur

Biasanya seseorang yang mendengkur dimulai ketika ia mengkonsumsi minuman keras. Menurut penelitian bahwa jika meminum minuman keras 4-5 jam sebelum tidur bisa memicu dengkuran yang cukup keras, maka dari itu hindari minuman beralkohol selain tidak baik bagi kesehatan juga bisa menimbulkan dengkuran.

Obat Tidur memang bsia membuat tidur kita jadi nyenyak, namun dampak yang ditimbulkan dari obat tidur adalah mendengkur. Obat tidur bisa membuat otot-otot pada leher menjadi rileks sehingga akan menyebabkan dengkuran yang cukup parah.

Tips mengenai cara mengatasi tidur mendengkur sudah kita sajikan diatas, namun anda tidak perlu mencoba semuanya cukup lakukan satu persatu secara bertahap. Tetap jaga kesehatan anda, karena dengan pola hidup sehat semua kebiasaan buruk bisa diatasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here