Samsung Galaxy Fold 5G, Smartphone Dengan Teknologi Layar Lipat 5G

0
614

Setelah sempat diluncurkan di kalangan terbatas pada awal tahun 2019, akhirnya Samsung resmi meluncurkan smartphone layar lipatnya yang bernama Samsung Galaxy Fold pada awal bulan September 2019 ini ke pasar global.

Yang menarik, belum begitu lama ini, Samsung juga sudah menyiapkan Samsung Galaxy Fold 5G yang sudah dilengkapi dengan jaringan 5G.

Lalu seperti apakah spesifikasi dari Samsung Galaxy Fold 5G tersebut? Berapa kisaran harga jualnya dan kapan resmi diluncurkan ke pasar global? Jika anda penasaran dengan semua hal tersebut, anda bisa cek informasi selengkapnya mengenai Samsung Galaxy Fold 5G di dalam artikel ini.

2 Mode Display di Samsung Galaxy Fold 5G

Sebagai smartphone yang menggunakan teknologi layar lipat, sudah dapat dipastikan jika Samsung Galaxy Fold 5G ini akan memiliki 2 mode display.

Mode yang pertama adalah mode folded. Pada mode folded ini, Samsung Galaxy Fold 5G akan mengaktifkan display 4.6 inch Super AMOLED yang memiliki aspek rasio 21:9 dan support resolusi 720 piksel X 1680 piksel.

Mode yang kedua adalah mode unfolded. Pada mode unfolded ini, Samsung Galaxy Fold 5G akan mengaktifkan display Dynamic AMOLED yang berukuran 7.3 inch. Ketika dalam mode unfolded ini, Samsung Galaxy Fold 5G memiliki screen to bodi rasio sebesar 85.7%.

Display mode unfolded yang berukuran 7.3 inch tersebut juga sudah support dengan resolusi FHD+ yaitu 1536 piksel X 2152 piksel.

Selain itu, baik display pada saat mode unfolded maupun folded di Samsung Galaxy Fold 5G ini sudah support semua dengan fitur HDR 10+.

Chipset, CPU, GPU, OS Samsung Galaxy Fold 5G

Masuk kedalam jeroan, Samsung Galaxy Fold 5G ini sudah pasti dibekali dengan jeroan yang luar biasa. Chipset yang digunakan di Samsung Galaxy Fold 5G ini adalah chipset dari Qualcomm Snapdragon 855 yang sudah difabrikasi dengan teknologi 7 nm.

Dengan menggunakan chipset tersebut, Samsung Galaxy Fold 5G ini memiliki CPU 8 inti Kryo 485 dengan konfigurasi 1 inti berkecepatan 2.84 Ghz, 3 inti berkecepatan 2.42 Ghz, dan 4 inti berkecepatan 1.78 Ghz.

Sebagai tandemnya, Samsung Galaxy Fold 5G ini juga dibekali dengan GPU Adreno 640. Dengan begitu, performa Samsung Galaxy Fold 5G ini sudah dipastikan sangat garang.

Pada bagian sistem operasi, Samsung Galaxy Fold 5G ini menggunakan sistem operasi Android 9 atau sistem operasi Android Pie. Untuk sistem UI, Samsung Galaxy Fold 5G ini menggunakan sistem UI khusus untuk smartphone layar lipat yang dibuat dari kolaborasi Samsung dan Google.

Memori Internal dan RAM Samsung Galaxy Fold 5G

Jika dilihat dari sisi hardware, Samsung Galaxy Fold 5G memang sudah dipastikan mampu melibas berbagai macam tugas berat.

Namun bagaimana dengan kapasitas memori internal dan RAMnya? Ternyata, Samsung Galaxy Fold 5G ini juga sudah dibekali dengan memori internal yang kapasitasnya sangat besar.

Samsung Galaxy Fold 5G ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 512 GB. Sedangkan untuk kapasitas RAM, Samsung Galaxy Fold 5G ini hanya tersedia dengan RAM 12 GB saja. Sayangnya, Samsung Galaxy Fold 5G ini tidak dibekali dengan slot memori eksternal.

Kamera Utama dan Kamera Sekunder Samsung Galaxy Fold 5G

Jika berbicara mengenai kamera, Samsung Galaxy Fold 5G ini memiliki kamera yang jumlahnya bisa dikatakan cukup banyak. Total kamera yang disematkan di dalam Samsung Galaxy Fold 5G ini adalah 6 buah. 6 buah kamera tersebut terdiri dari 3 buah kamera utama, 2 buah kamera sekunder, dan 1 buah kamera yang disematkan di bagian cover.

3 buah kamera utama Samsung Galaxy Fold 5G ini terdiri dari lensa 12 MP wide yang sudah dilengkapi dengan fitur Dual PIXEL PDAF dan juga OIS, lensa 12 MP telephoto yang sudah dilengkapi dengan fitur autofocus, OIS, dan 2X optical zoom, dan yang terakhir adalah lensa 16 MP wide.

3 kamera utama Samsung Galaxy Fold 5G tersebut sudah mampu digunakan untuk merekam video dengan kualitas 2160@60fps, 1080@60/240fps, dan slow motion video dengan kualitas 720@960fps.

Pada bagian kamera sekunder atau kamera selfie, Samsung Galaxy Fold 5G ini terdiri dari 2 buah lensa 10 MP wide dan 8 MP wide depth sensor. Sedangkan pada bagian covernya terdapat 1 buah kamera dengan lensa 10 MP wide.

Baik kamera sekunder maupun kamera di bagian cover Samsung Galaxy Fold 5G sudah mampu merekam video berkualitas 2160@30fps dan 1080@30fps.

Kapasitas Baterai Samsung Galaxy Fold 5G

Samsung Galaxy Fold 5G ini memang bisa dikatakan menggendong display yang cukup besar. Oleh sebab itu, kapasitas baterai yang akan dibawa juga sedikit lebih besar dari smartphone pada umumnya.

Samsung Galaxy Fold 5G ini akan dilengkapi dengan baterai jenis Li-Po non removable berkapasitas 4235 mAh. Selain punya kapasitas baterai yang sedikit lebih besar dari umumnya smartphone, Samsung Galaxy Fold 5G ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang daya baterai seperti:

  • Fast charging 15W dengan konektor 3.1 USB tipe C.
  • Fast wireless charging 15W.

Selain itu, Samsung Galaxy Fold 5G ini juga bisa berperan sebagai power bank karena sudah dilengkapi dengan fitur reverse wireless charging 9W.

Lalu berapakah harga Samsung Galaxy Fold 5G ini? Menurut kabarnya, Samsung Galaxy Fold 5G ini akan dijual dengan kisaran harga 28 juta Rupiah.

Namun Samsung Galaxy Fold 5G ini baru akan diperkenalkan terlebih dahulu di Eropa pada tanggal 18 September 2019 nanti. Jadi kemungkinan Samsung Galaxy Fold 5G ini baru akan dipasarkan secara global beberapa bulan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here