Rumah Sempit: 5 Tips Menata dan Mengaturnya Agar Lebih Luas

0
658

Rumah sempit tentu menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga untuk tetap bisa nyaman tinggal di rumah yang berukuran tidak terlalu besar. Memang sekarang sangat booming rumah minimalis dengan luas yang sempit karena harga tanah dan bahan bangunan yang melambung tinggi, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung. Tentu rumah minimalis dengan luas yang tak terlalu besar menjadi solusi bagi keluarga muda yang tinggal di sana.

Memiliki rumah sempit sama saja memiliki kamar kost yang membuat kita harus mampu memikirkan usaha bagaimana agar ruangan yang sempit itu bisa terasa nyaman. Memang tidak mudah, namun juga bukan berarti tidak mungkin. Hanya saja dibutuhkan usaha yang sangat ekstra agar bisa menciptakan ruangan yang nyaman ditinggali meskipun sebenarnya ruangan tersebut hanya berukuran kecil. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri buat kita dalam mengatur ruangan.

Nah, kira-kira hal apa saja ya, yang bisa kita lakukan agar rumah sempit kita mampu disulap menjadi rumah yang terasa luas, lebih nyaman, dan mampu memberi fasilitas yang bagus untuk aktivitas kita sehari-hari? Kami telah merangkumnya dalam ulasan singkat berikut ini. Langsung simak aja yuk!

1. Rumah sempit: Utamakan perabot yang mudah dilipat

Rumah sempit
via images.google.com

Kini sudah banyak produsen furniture yang menawarkan perabot lipat. Perabot lipat seperti meja atau kursi ini tentu sangat bermanfaat untuk menghemat ruang. Setelah tidak dipakai, perabot bisa dilipat dan disingkirkan ke tempat-tempat terdekat. Walhasil, ruangan akan terlihat lebih luas dan lega sehingga rasa nyaman ketika menempati ruangan tersebut bisa tercipta dengan mudahnya.

2. Pasanglah cermin di dekat sirkulasi dan area jalan

Rumah sempit
via images.google.com

Cobalah untuk menggunakan cermin agar ruangan di rumah kamu terasa lebih lebar. Cermin diyakini mampu memberikan efek luas berkat pantulan cahayanya. Letakkan cermin vertikal dengan tinggi yang melebihi tinggi badan rata-rata di beberapa tempat seperti persimpangan jalan menuju ruang-ruang, atau di sebelah pintu-pintu utama yang di sebelahnya terdapat space.

3. Usahakan untuk menggunakan perabot multifungsi

Rumah sempit
via images.google.com

Inovasi perabot memang tidak bisa kita tinggalkan begitu saja. Sayang bila kemudahan dalam mengatur ruang tidak melibatkan perabot multifungsi. Pilihlah beberapa perabot utama yang memiliki dua fungsi. Misalkan, kursi yang jika dibuka dalamnya bisa dijadikan tempat menaruh buku. Atau bisa juga sofa yang jika diatur sedemikian rupa bisa berubah fungsi menjadi tempat tidur.

4. Taruhlah barang di tengah daripada di pinggir dekat tembok

Rumah sempit
via images.google.com

Satu kesalahan umum yang sering dilakukan ialah meletakkan barang-barang di pinggir tembok. Bukannya menambah kesan luas, justru sebaliknya, ruangan akan terasa sempit dan tidak berdaya. Karena itulah, cobalah untuk selalu konsisten menaruh barang-barang di tengah, atau boleh di pinggir asal tidak terlalu mepet. Walhasil, ruangan akan terlihat lebih luas dari sebelumnya.

5. Pilihlah warna cerah untuk cat dinding rumah

Rumah sempit
via images.google.com

Memang benar, memilih warna cat gelap mampu memberikan kesan nyaman yang mendalam. Tetapi kelemahannya, warna gelap hanya akan memperjelas kesan sempit yang ada di dalam rumah. Karena itulah, cobalah untuk memilih cat warna terang sehingga ruangan terlihat lebih luas. Bisa juga menggunakan warna keramik yang terang namun senada dengan warna cat dinding.

Yap, itulah tadi sederet cara mudah bagaimana menyiasati rumah sempit agar terlihat lebih luas dan mampu memberikan rasa nyaman pada penghuninya. Cara-cara tadi memang terlihat mudah dan bisa memberikan efek yang cukup signifikan. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here