Profil Klub Sepak Bola Indonesia Sriwijaya FC Palembang Sumatera Selatan

0
356

Buat penikmat Sepakbola Nasional pasti sangat mengenal tim yang satu ini, Sriwijaya Football Club atau biasa di sebut Sriwijaya FC. Salah satu klub besar dan penuh prestasi yang ada di Indonesia walau sebenarnya usia nya masih sangat baru. Klub berjuluk Laskar Wong Kito ini didirikan di Palembang pada 23 Oktober 2004.

Sriwijaya FC sebenarnya memiliki sejarah yang cukup panjang, perlu anda ketahui Sriwijaya FC didirikan di Jakarta dengan nama Persijatim Jakarta Timur pada tahun 1976. Karena alasan finansial, klub ini sempat pindah ke Solo dan menjadi Persijatim Solo FC pada tahun 2002 hingga 2004. Setelah itu klub ini dibeli oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan diganti namanya menjadi Sriwijaya FC Palembang pada 2004 silam.

Sejak bermarkas di Palembang inilah Sriwijaya bertransformasi menjadi tim kuat dan di segani oleh lawan, Walau usianya masih terbilang baru, Sriwijaya sudah membuktikan dengan pencapaian gelar demi gelar jadi tak berlebih jika Sriwijaya adalah salah satu klub sukses yang bermain di Liga 1 Indonesia.

Berikut Prestasi yang pernah di raih:
Liga Indonesia/ISL
Juara 1: 2008, 2012 & ISL u-21: Juara 1 pada tahun 2013

Piala Nasional:
Piala Indonesia, Juara (3 kali): 2008, 2009, 2010
Inter Island Cup, juara 2 kali 2010 & 2012
Community Shield, juara 1 kali pada 2010

Selain itu pada tahun 2010 Sriwijaya menyabet penghargaan sebagai tim paling Fair Play se Indonesia, tentu penghargaan ini sangat berkesan bagi klub yang bermarkas di salah satu stadion dengan rumput terbaik di Indonesia ini, tepatnya di Stadiun Jakabaring, Palembang.

Saat ini Sriwijaya masih bermain di Liga 1 dan menduduki peringkat 5 besar, dengan kesebelasan yang solid dan paltih top sekelas Rahmat Darmawan, tak menutup kemungkinan Sriwijaya FC akan kembali berjaya di musim-musim berikutnya.

Berikut susunan pemain Sriwijaya:

Kiper: Teja Paku Alam (nomor punggung 12), Sandi Firmansyah (86), Dikri Yusron Afafa (51), Rangga Pratama (96).

Belakang: Rudolof Yanto Basna (13), Bio Paulin Pierre (45), Bobby Satria (5), Firdaus Ramadhan (27), Indra Permana (55), Zalnando (11), Gilang Ginarsa (23), Marckho Sandy Meraudje (22), Ahmad Maulana Putra (18).

Tengah: Yu Hyun Koo (6), Ichsan Kurniawan (24), Hapit Ibrahim (77), Hendra Sandi (21), Manda Cinggi (19), Rahmad Hidayat (8), M Nur Iskandar (17), TA Musafry (29), Yohanis Nabar (91).

Depan: Alberto Goncalves (9), Airlangga Sucipto (7), Maldini Pali (15), Hilton Moreira (10), Slamet Budiono (87), Rizsky Dwi Ramadhana (37).

Seperti di ketahui, Sriwijaya saat ini dibeli oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan. Oleh sebab itu Logo klub pun di ubah pada 2008 lalu. “Logo berbentuk lingkaran bertuliskan Sumatera Selatan Bersatu Teguh”

Logi ini memiliki arti, bahwa Sriwijaya FC dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan kesatuan yang bulat dari seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, Logo Sriwijaya FC selalu terdapat simbol Burung Elang mulai dari logo awal hingga logo baru Sriwijaya FC selalu ada simbol Burung Elang, maka Sriwijaya FC diberi julukan tambahan selain Laskar Wong Kito julukan keduanya Sriwijaya FC adalah Elang Andalas (Elang Sumatra).

Hal ini bisa di artikan bahwa Sriwijaya FC selalu memberi ancaman kepada setiap lawan jika tidak selalu waspada, Burung elang selalu memberi ancaman dari udara secara tiba-tiba, itulah pesan dari logo burung elang yang di sematkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here