Profil Klub Sepak Bola Borneo FC Samarinda Kalimantan Timur Indonesia

0
643

Borneo FC adalah salah satu klub yang saat ini ikut berkompetisi di Liga 1, bermarkas di Samarinda Kalimantan Timur. Klub yang awalnya bernama Pusamania Borneo FC ini akhirnya berganti nama pada tahun 2017 dengan nama baru Borneo FC.

Ada cerita panjang terbentuknya klub ini, Sebelum menjadi Pusamania Borneo FC klub ini bernama Perseba Super Bangkalan, barulah pada tahun 2014 di akusisi dan Pada 2015 mereka berlaga di Indonesia Super League berstatus sebagai klub promosi setelah menjuarai Divisi Utama Liga Indonesia pada saat itu.

Klub berjuluk Pesut Etam ini memiliki fans bernama Pusamania dengan Warna kebanggaan Pusamania adalah Orange. Fans yang begitu cinta kepada sepakbola lah yang membuat Borneo FC ada sampai sekarang hingga berlaga di Liga 1 Indonesia.

Saat ini Borneo FC menjadi salah satu klub yang sadar akan regenerasi tim, langkah-langkah demi kemajuan klub pun terus di lakukan, salah satunya mereka saat ini memiliki Akademi Pusamania Borneo Football Club (PBFC) yang khusus membina pemain muda untuk masa depan klub, Borneo FC mendidik pemain mulai usia U-12, U-14, U-16, U-19 dan U-21.

Prestasi Borneo FC sejauh ini:
Juara 1 Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2014
Juara 1 turnamen Piala Gubernur Kaltim pada tahun 2016

Skuad Borneo FC Saat Ini:
Kiper: David Ariyanto, M. Ridho Djazulie, Nadeo Argawinata

Belakang: M. Bagus Nirwanto, Mahammadou Al Hadji, Azamat Baymatov, Abdul Rahman, Diego Michiels, Firdaus Ramadhan,Ahmad Maulana, Leonard Tumpamahu, Eddy Gunawan, Tedi Berlian.

Tengah: Dody Alfayed, Srdan Lopicic, Ambrizal Umanailo, Mahadirga Lasut, Julian Faubert, Sultan Samma, Wahyudi Hamisi, Riswan Yusman, Habibi, Muhammad Sihran.

Depan: Marlon da Silva, Titus Bonai, Lerby Eliandry, Amien Rais Ohorella, Febri Hamzah.

Borneo FC memiliki sejarah yang sangat lain dari klub manapun, adalah Nabil Husein Said Amin yang saat ini masih sangat muda yaitu berusia 25 tahun adalah pendiri sekaligus penggerak lahirnya Pusamania Borneo FC pada 2014.

Bersama PT Nahusam Pratama Indonesia sebagai badan hukum PBFC, bertekad ingin membawa kembali kejayaan sepak bola Samarinda di kancah nasional. Tanggal 7 Maret 2014 disepakati sebagai tanggal bulan dan tahun resmi berdirinya Pusamania Borneo FC (Borneo FC)

Ide membentuk klub profesional yang dilakukan kelompok suporter Pusamania ini dilandasi sikap tak puas mereka terhadap klub sebelumnya yang tak kunjung memiliki prestasi. Sehingga muncul, wacana mengelola klub yang lebih transparan, profesional dan merakyat.

Tambahan nama Borneo sendiri muncul saat mereka berlaga di Divisi Utama Liga Indonesia 2014 setelah mengakuisisi salah satu klub berlisensi profesional di Pulau Madura, yakni Perseba Super. Nama Borneo dipilih karena, jajaran direksi PBFC ingin klub ini tak hanya bisa mengharumkan nama kota Samarinda, melainkan juga mengangkat nama Pulau Borneo di kancah sepak bola nasional dan internasional.

Saat ini Borneo FC sudah berada di trek yang tepat, karena saat ini sudah bermain di Liga 1 tentu jajaran manajemen akan berusaha mewujudkan mimpi suporter dengan mempersembahkan gelar demi kebanggaan fans dan tentunya masyarakat samarinda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here