Panduan Cara Mengedit Video Menggunakan Filmora

0
351

Kemampuan untuk dapat mengedit video sekarang ini sangat dibutuhkan, terutama di bidang media dan hiburan. Untuk mengatasinya, para pemula dapat mempelajari cara mengedit video di Filmora yang sangat mudah dan praktis. Dengan adanya aplikasi FIlmora ini, Anda tak akan kesulitan lagi untuk melakukan proses video editing.

Sebelum memasuki penjelasan mengenai cara mengedit video di Filmora, sebaiknya Anda mengunduhnya terlebih dahulu melalui website resmi Wondershare secara gratis. Pada dasarnya Filmora ini memang produk dari Wondershare. Dulunya aplikasi ini lebih dikenal Wondershare Video Editor, hingga mengalami pembaharuan dan terlahir kembali menjadi Filmora dan menjadi salah satu aplikasi yang dikenal bagus untuk editing video. Terlebih, dukungan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan namun sederhana dan mudah digunakan, Filmora menjadi rujukan tepat bagi Anda para pemula di dunia editing.

Lalu, bagaimana cara mengedit video di Filmora agar video lebih tertata dan terlihat menarik? Berikut ini uraian panduan lengkapnya. Silahkan pahami dengan teliti sebelum mempraktekkannya,

  • Buka aplikasi Filmora. Jika Anda belum memilikinya silahkan unduh melalui website resmi Wondershare, kemudian install di Operating System Windows, Mac, ataupun OS Mobile Android dan iOS, tergantung perangkat yang Anda gunakan. Tak usah khawatir, untuk menginstallnya tak dibutuhkan perangkat high spec. Bahkan laptop dan komputer yang biasa Anda gunakan bisa dipasangi aplikasi ini. Anda akan diminta untuk mengatur Aspect Ratio. Pastikan Anda memilih rasio yang tepat. Gunakan rasio 16:9 untuk membuat project film baru, pilih Full Feature Mode. Dan akan terlihat tampilan seperti di bawah ini.

  • Import file serta gambar yang ingin Anda edit. Caranya dengan mengklik satu kali pada icon import, lalu pilih file dan masukkan dalam media import Wondershare. Selanjutnya klik Open.

  • Setelah berhasil import file yang Anda masukkan tadi, drag video ke layar seperti ilustrasi di bawah ini.

  • Mulai lakukan edit video dan audio yang Anda masukkan dengan menekan ikon Edit. Atau, Anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada project video yang terpajang di timeline. Dengan menekan Auto Detach, secara otomatis suara yang terdapat di dalam video akan terpisah.

  • Untuk menambahkan sedikit efek pada video Anda, klik kanan pada bagian yang diinginkan. Pilih Power Tool. Anda bisa menekan pada pilihan Tilt-Shift to the clip untuk menambahkan efek tersebut di pekerjaan Anda. Anda bebas menggunakan dan memilih sendiri fitur-fitur mana saja yang Anda butuhkan, tergantung keperluan. Jangan lupa untuk mengatur tampilan garis yang berwarna kuning.
  • Untuk menambahkan efek Mosaik, Anda bisa melakukannya dengan mengklik Apply Mosaic to the clip. Klik Add. Atur bagian kuning seperti tahap sebelumnya. Sesuaikan presentase blurnya. Klik Ok.
  • Untuk menambahkan efek Flash and Hold, klik kanan satu kali tepat di project video yang Anda kerjakan. Sesuaikan efek ini dengan bagian yang ingin diedit. Klik Flash and Hold.
  • Berikan efek transisi untuk membuat video Anda lebih berkesan. Caranya mudah, Anda tinggal klik di menu Transition, lalu pilih efek transisi yang tepat.

  • Dalam video, seringkali dijumpai adanya Text. Untuk menambahkan Text atau Credit pada project Anda, silahkan klik pada menu Text/ Credit. Pilih mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain menambahkan Text ataupun kredit pada video, Anda juga bisa mengatur durasi yang dibutuhkan untuk muncul di layar.

  • Mempercantik video dengan menambahkan frame di intro tampaknya juga merupakan langkah yang tepat. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol PIP, selanjutnya klik pilihan Frame. Anda pun bisa mencoba mengaplikasikan pilihan yang lain seperti decoration, smiles, hingga festival.
  • Selelah menyelesaikan proses pengeditan, jangan lupa untuk menyimpan hasil dari kerja keras Anda tersebut. Nantinya, Anda tinggal membuka file simpanan ini untuk ditambahkan editan lagi. Cara menyimpannya mudah, tinggal klik saja pada menu Edit. Lalu, pilih Save Project.

  • Nah, langkah terakhir namun cukup penting untuk Anda lakukan dalam proses editing video ini adalah mengekspornya. Anda perlu mengekspor video yang sudah jadi tersebut dengan berbagai format yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Caranya mudah, tinggal klik Export. Akan muncul berbagai pilihan format video, mulai dari WMV, MP4, AVI, MOV, F4V, MKV, TS, 3GP, MPEG-2, WEBM, GIF. Jangan lupa ketikkan nama file Anda. Kemudian pilih tempat penyimpanan yang akan Anda gunakan. Klik Export.

  • Selesai!

Demikianlah uraian tentang cara mengedit video di Filmora. Anda tak harus runtut mengikuti setiap step yang dijabarkan dalam artikel tutorial ini, silahkan mencoba dan mengeksplorasi sendiri fitur-fitur yang banyak terdapat di Filmora. Toh kebutuhan dan tujuan orang dalam mengedit video berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here