5 Outfit Mendaki Gunung yang Tidak Boleh Ketinggalan di Rumah

0
1144

Naik gunung memang jadi salah satu aktivitas hobi buat generasi masa kini. Sederet gunung di Indonesia, telah menjadi destinasi lama yang menawarkan sejuta pemandangan indah di depan mata. Outfit mendaki pun, menjadi salah satu faktor penting sebelum memutuskan untuk melangkahkan kaki menuju ke puncak tertinggi.

Apalagi untuk para pendaki pemula, memperhatikan apa yang ia pakai dan apa yang ia bawa, merupakan hal mutlak yang harus dilakukan sebelumnya. Tidak mungkin jika kita harus mendaki memakai celana training, apalagi celana jeans. Sangat tidak sesuai dengan trek dan kondisi gunung yang terkenal curam dan dinginnya menusuk tulang.

So, kira-kira apa saja yang harus dipakai dan dibawa oleh para pendaki, khususnya buat para pemula, sebelum menuju ke puncak gunung? Langsung simak aja yuk!

1. Sleeping Bag

Sleeping Bag, Outfit Mendaki
Sleeping Bag

Satu peralatan penting yang wajib dibawa ialah tenda pribadi. Tenda yang hanya bisa dipakai oleh satu orang saja, dan tidak perlu pemasangan yang rumit. Tenda ini terkesan sederhana namun sangat cocok kita gunakan saat mendaki gunung. Meskipun tergolong egois, akan tetapi sangat dianjurkan buat para pemula.

Salah satu brand yang menawarkan tenda jenis ini adalah Sierra. Kamu bisa mencarinya di toko-toko peralatan camping terdekat, yang biasanya tersebar di kota-kota dekat gunung. Tenda ini sangat memudahkan kita dalam menggunakannya, dan tergolong hangat dipakai. Serta, aman dan nyaman, yang merupakan faktor penting dalam mendaki.

2. Sepatu Gunung

Sepatu Gunung
Sepatu Gunung

Peralatan atau outfit mendaki selanjutnya ialah sepatu gunung. Jangan sampai pas kamu ingin mendaki, justru sepatu yang kamu gunakan ialah sepatu futsal atau kerja, ya. Sudah banyak kok, brand pembuat sepatu gunung yang sudah bisa kamu dapatkan di super market terdekat. Pun, di outlet-outlet camping pun juga sudah banyak tersedia.

Salah satu brand paling favorit untuk produsen sepatu gunung ialah Merrel. Kamu sering nonton televisi NET? Nah, pasti kadangkala kamu melihat karyawannya menggunakan sepatu gunung, nah itulah contoh sepatu gunung yang disarankan untuk dipakai. Sangat nyaman, dan tentu aman dari segala trek gunung yang curam.

3. Jaket Gunung

Jaket Gunung
Jaket Gunung

Lagi-lagi, sangat tidak disarankan kalau kamu sembarangan memakai jaket saat mendaki gunung. Karena, sudah ada jaket khusus yang jadi outfit mendaki yang wajib dipakai oleh setiap pendaki. Jaket gunung ini memiliki fungsi sebagai penghangat disaat udara dingin menusuk tulang. Sehingga, kita tidak akan merasa kedinginan.

Selain menghangatkan, jaket gunung juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi. Hal ini sangatlah penting, mengingat perjalanan menuju puncak gunung tidaklah sebentar. Dalam perjalanan tersebut, tentu membutuhkan asupan tenaga yang salah satunya dari air, untuk bisa bertahan hidup. Jaket gunung paling direkomendasikan ialah jaket patagonia.

4. Celana Moncler

Celana Moncler
Celana Moncler

Apabila kamu ingin mendaki gunung, sebaiknya hindari menggunakan celana jeans atau bahkan celana training. Karena kedua jenis celana tersebut difungsikan untuk hal yang berbeda, yakni untuk kasual dan olahraga. Sementara untuk naik gunung, sudah ada outfit mendaki tersendiri, yakni dinamakan dengan celana moncler.

Celana ini, kalau di Indonesia, menyerupai celana jogger. Memiliki bahan yang lentur sehingga memudahkan kita untuk bergerak. Celana ini sangat dianjurkan untuk kamu pakai saat mendaki gunung. Namun sayang, masih banyak para pendaki yang justru menyepelekan anjuran ini, sehingga mereka lebih memilih memakai celana jeans atau training.

5. Kaos Tangan

Kaos Tangan
Kaos Tangan

Outfit mendaki terakhir, yakni kaos tangan. Jangan sampai kamu tidak menggunakan kaos tangan saat mendaki ya. Karena, di atas sana, udaranya sangat dingin dan bahkan lemak pun tak bisa membantu banyak menghangatkan. Karena itulah, kita sangat dianjurkan untuk menutupi seluruh tubuh kita menggunakan kain yang tebal.

Telapak tangan pun menjadi anggota tubuh yang paling krusial, yang mampu mentransfer udara dingin di sekitar ke dalam tubuh. Oleh karena itu, jangan sampai udara dingin tersebut merasuki tubuh kita gara-gara lupa memakai kaos tangan. Selain menghindari udara dingin, kaos tangan juga sebagai pelindung dari tumbuh-tumbuhan yang berbahaya.

Nah, itulah kelima outfit mendaki yang sangat dianjurkan untuk kita pakai saat mendaki. Kira-kira, sudah punya outfit yang mana saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here