5 Tips Menghemat Listrik Agar Pengeluaran Lebih Sedikit

0
608

Menghemat listrik bukan saja sekadar imbauan dari Pemerintah dalam rangka menghemat energi demi terciptanya siklus bumi yang sehat. Terlebih rumor globalisasi yang makin hari makin mencuat di surat kabar. Bumi seakan-akan membutuhkan pertolongan dari tangan-tangan kita sebagai manusia yang paling berkuasa. Salah satu caranya ialah dengan menghemat listrik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, dan tidak selamanya cara-cara ini hanya untuk mengikuti imbauan dari Pemerintah. Sebab, pengeluaran yang menjulang juga menjadi alasan kenapa banyak dari kita memutuskan untuk “Oke, sekarang aku harus bisa hemat listrik supaya uang bulanan bisa sisa lebih banyak, itung-itung buat belanja!”. Maka dari itulah, tidak jarang segala usaha dilakukan agar bisa menghemat pengeluaran, terutama dari listrik rumah.

Nah, kira-kira usaha apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik agar mampu menekan pengeluaran bulanan? Kami sudah menyiapkannya buat kamu seorang, dan berikut ini bisa kamu simak ulasan selengkapnya. Cek yuk!

1. Menghemat listrik: Sesuaikan kapasitas dan kebutuhan

Menghemat listrik
via images.google.com

Menyesuaikan kapasitas dan kebutuhan merupakan langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik rumah tangga. Selalu pastikan bahwa kamu tidak overload saat menggunakan alat-alat elektronik di rumah kamu. Misalkan, hanya pakai mesin cuci yang sesuai dengan kapasitas. Atau, memakai kulkas dengan tegangan yang rendah. Hal-hal ini bisa mengurangi pemakaian listrik di rumah kamu. Sebab, semakin tinggi kapasitas, semakin besar listrik yang diserap.

2. Lebih prioritaskan laptop daripada komputer desktop

Menghemat listrik
via images.google.com

Bekerja di ruang kerja dalam rumah memang menenangkan dan terasa nyaman. Sehingga tak jarang jika kamu lebih memilih komputer desktop karena tidak perlu dipindah kemana-mana. Namun untuk urusan listrik, rasanya kamu harus mengganti pilihan untuk lebih memprioritaskan laptop ketimbang komputer desktop. Sebab, komputer desktop memakan energi listrik jauh lebih banyak ketimbang laptop.

3. Mematikan listrik di malam hari saat istirahat

Menghemat listrik
via images.google.com

Ini juga penting dilakukan apabila kamu ingin menghemat listrik, yakni mematikan segala alat elektronik termasuk lampu utama di rumah kamu. Kamu bisa menggantinya dengan lampu tidur kecil yang tidak terlalu memakan energi listrik. Selain bisa menghemat energi listrik, mematikan listrik pada malam hari juga bermanfaat untuk kualitas tidur kamu agar lebih pulas dan nyenyak.

4. Minimalisir penggunaan Ac dan gunakan ventilasi alami

Menghemat listrik
via images.google.com

Menggunakan AC di siang hari memang sangat menyenangkan, udara jadi lebih sejuk dan nyaman. Namun demi melancarkan usaha kamu dalam menghemat listrik, sebaiknya segera minimalisir penggunaan AC dalam rumah dan cobalah untuk mengandalkan ventilasi udara di rumah kamu. Selain lebih alami, hal ini juga akan menyehatkan tubuh kamu karena terjadi pergantian udara dari luar ke dalam rumah.

5. Jemur pakaian di taman daripada menggunakan mesin pengering

Menghemat listrik
via images.google.com

Beban listrik yang dihasilkan ketika menggunakan mesin pengering sangatlah besar. Maka dari itu, usahakan agar kamu tetap memilih menjemur pakaian di luar rumah yakni taman belakang. Dan hindari menggunakan mesin pengering yang membutuhkan energi besar itu. Gunakan hanya di saat dibutuhkan saja, misalkan di luar sedang hujan maka bolehlah kamu sekali-kali menggunakan mesin pengering.

Yap, itulah tadi sederet tips supaya kita bisa menghemat listrik dan mampu menekan biaya pengeluaran bulanan, sekaligus mampu memberikan angin segar untuk bumi yang semakin tua. Seolah-olah kita sedang mengusahakan dua tujuan, yakni menghemat pengeluaran dan menghemat energi untuk menyelamatkan bumi. Selamat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here