Mengenal Lebih Dekat Tim Mutiara Hitam: Profil Kesebelasan Persipura Jayapura

0
458

Persipura memiliki kepanjangan “Persatuan Sepak bola Indonesia Jayapura” berdiri sejak 1963 Persipura Jayapura termasuk klub yang selalu memberikan kontribusi besar menyumbang pemain untuk Timnas saat bermain di ajang yang dilakoni Timnas Indonesia.

Oleh sebab itu Persipura dijuluki juga sebagai “Tim Mutiara Hitam” merupakan Klub yang konsisten melahirkan pemain Nasional, sebut saja Boaz Solossa, Ardiles Rumbiak, Chris Yarangga, Christian Warobay, Erol Iba, Gerald Pangkali, Jack Komboy, Yohanes Auri, Stevie Bonsapia, Titus Bonai, Jendri Pitoy, Eduard Ivakdalam, Ricardo Salampessy dan Patrich Wanggai.

Dari nama-nama yang di sebutkan di atas tentu kita sudah tidak asing lagi, karena mereka selalu membela Timnas di ajang Internasional.

Persipura Jayapura memiliki fans/Suporter berjuluk PersipuraMania atau The Comen’s yang di dirikan pada tahun 2003 yang terdiri dari 18 elemen suporter & kelompok suporter Ultras BlackPearl Curva Nord berdiri 6/7/2017 yang berada di kota Jayapura dan juga dari berbagai kota besar di Indonesia bahkan di belahan dunia.

Kekuatan financial persipura saat di sponsori oleh PT Freeport Indonesia, namun pada tahun 2017 Freeport Indonesia sudah tidak lagi menjadi sponsor mereka. Saat ini Perispura di sponsori oleh, Bank Papua,BOSOWA,Telkomsel dan Jersey Supplier Specs.

Perjalanan Persipura:
Perserikatan (1931-1994), Divisi Utama (1994-2008) dan Liga Super Indonesia (2008-sekarang).

Melihat begitu panjang perjalanan Persipura, tak heran jika klub Mutiara Hitam ini menjadi salah satu klub yang cukup terkenal baik di Nasional atau di Luar, perlu di ketahui Persipura Jayapura juga memiliki fans di luar Indonesia.

Prestasi Persipura:
Juara (4 kali): 2005, 2009, 2011, 2013
Runner-Up (4 kali): 1980, 2010, 2012,2014

Community Shield Indonesia:
Juara 1 pada tahun 2009

Persipura Jayapura juga pernah meraih Juara di beberapa turnamen seperti,
Keraton Cup: 2009
SCTV Cup : 2011
Soeharto Cup III: 1976

AFC Cup: 2011: Perempat final,2014: Semifinal,2015: Perdelapan Final

Dengan segudang prestasi yang pernah di raih, Persipura masuk dalam jajaran tim elit Indonesia, dan tentunya Klub yang konsisten menelorkan pemain-pemain Bintang.

Saat ini Persipura Jayapura bermain di Liga 1 (kasta tertinggi liga Indonesia) walau klub yang selalu menghasilkan pemain bintang, namun saat ini Persipura memiliki pemain luar.

Berikut susunan pemain perispura jayapura:

Kiper: Fitrul Dwi Rustapa (1), Try Hamdani Goentara (30), Dede Sulaiman (27)

Belakang: Ricardo Salampessy (4), Abdoulaye Maïga (5), Boas Atururi (12), Yustinus Pae (21), Alvian Sanyi (26), Andri Ibo (28), Yohanis Tjoe (44) dan David Rumakiek (81)

Tengah: Elisa Basna (6), Imanuel Wanggai (11), Ian Kabes (13), Todd Rivaldo Ferre (15), Prisca Womsiwor (23), Muhammad Tahir (32), Agus Halitopo (33), Victor Pae (32)

Depan: Boaz Solossa (Captain) (86), Marcel Sacramento (8), Hilton Moreira (10)

Meski Persipura sudah ada sejak tahun 1963, namun logo Persipura Jayapura baru di resmikan pada 11 Oktober 2013 lalu dan di diberikan hak ciptanya kepada PT. Persipura Jayapura.

Logo terbaru Persipura menampilkan ikan di paling atas, Hal ini memiliki makna adalah simbol dari mata pencaharian masyarakat lokal. rumah Karwari mengartikan tempat berlindung masyarakat lokal, dan ada gambar tiga gelombang yang menandakan Karwari berada diatas perairan.

Frame yang melingkari logo, ada tiga sisi dan itu menyimbolkan adat, agama dan pemerintah yang bersinergi memayungi Persipura Jayapura.

Pada bagian bawah rumah tadinya terdapat sekitar 6 tiang penyangga, namun sekarang berubah menjadi lima, dan itu menandakan Pancasila sebagai dasar negara, lalu bagian samping ada kapas dan padi merupakan sila kelima yang mengatakan kesejahteraan dengan harapan seluruh penopang Persipura hidup dalam kesejahteraan. Itulah Profil & Sejarah Persipura Jayapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here