Mengenal Gejala dan Cara Menyembuhkan Paru-paru Basah

0
346

Paru-paru basah atau yang biasanya disebut pneumonia merupakan suatu penyakit peradangan yang menyerang satu atau kedua paru-paru dan dalam keadaan tertentu paru-paru tersebut terendam oleh air. Tentu saja dengan adanya air pada sistem pernafasan tersebut akan mengakibatkan hal fatal pada si penderita.

Selain itu, paru-paru penderita juga bisa mengalami penumpukkan lendir yang disebabkan oleh infeksi dan pembengkakan karena paru-parunya terendam air. Apa sih yang menyebabkan paru-paru basah? Paru-paru basah banyak disebabkan oleh virus.

Virus tersebut bisa virus sinsitial pernafasan, influenza, adenovirus, serta painfluenza. Tidak hanya itu. Paru-paru basah juga bisa dikarenakan bakteri yang masuk ke dalam hidung atau mulut di saat orang yang sehat bernafas di sekitar orang yang terjangkit paru-paru basah.

Orang-orang yang mudah terkena paru-paru basah adalah orang yang sering merokok maupun sering minum alk0h0l, orang yang memiliki daya kekebalan tubuh lemah, dan orang yang mengidap penyakit kronis, seperti asma, jantung, HIV, diabetes, dan sebagainya.

Apa saja gejala-gejala yang terjadi pada orang yang mengidap paru-paru basah?

  1. Batuk terus menerus dan tidak kunjung sembuh

Batuk merupakan suatu penyakit yang pasti setiap orang pernah alami. Tapi, kalau batuknya tidak lazim, seperti terus menerus batuk dan berkepanjangan, itu harus perlu diwaspadai, karena batuk seperti itu adalah salah satu gejala paru-paru basah. Biasanya, gejala batuk ini diawali dengan batuk kering, kemudian disusul batuk yang berdahak.

  1. Mengeluarkan keringat di telapak tangan dan kaki walaupun dalam kondisi diam maupun tenang

Kondisi seperti ini bukan dikarenakan cuaca panas sehingga bisa mengeluarkan keringat. Namun hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa menerima dengan baik persebaran oksigen dengan sempurna. Keringat yang biasanya terjadi dalam gejala paru-paru basah adalah keringat dingin di telapak tangan dan kaki, meskipun dalam kondisi tenang dan tidak melakukan aktifitas apapun.

  1. Lebih cepat lelah

Gejala berikutnya adalah badan menjadi cepat lelah walaupun tidak melakukan kegiatan apa-apa. Hal ini terjadi karena kurang oksigen dalam tubuh sehingga energi yang dihasilkan menjadi lebih sedikit.

  1. Nafsu makan semakin berkurang

Ketika penderita paru-paru basah mencapai titik yang sudah parah, biasanya mereka akan mengalami nafsu makan yang semakin berkurang secara drastis. Hal itu menyebabkan tubuh si penderita menjadi kurus dan kondisi fisiknya tidak stabil.

Lalu, bagaimana cara penyembuhannya? Berikut ini adalah beberapa cara penyembuhan paru-paru basah yang di antaranya memakai bahan alami sebagai obat tradisionalnya.

  1. Minumlah air putih yang cukup

Cara mudah yang pertama yang bisa dilakukan penderita paru-paru basah adalah minum air putih yang cukup sebanyak 8 gelas per hari. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan tentunya diimbangi dengan mengkonsumsi makan yang bergizi dan sehat.

  1. Istirahat yang cukup

Penderita paru-paru basah harus mempunyai istirahat yang cukup serta jam tidur yang teratur. Sebaiknya, jangan tidur larut malam, karena akan memperburuk kondisi dalam tubuh. Cukup tidur selama 8 jam, maka daya tahan tubuh bisa meningkat.

  1. Ruang yang lembab

Sebagai salah satu proses penyembuhan paru-paru basah yang efektif, usahakan membuat kondisi ruangan yang sejuk dan lembab untuk penderita paru-paru basah. Tujuannya supaya udara yang lembab dan sejuk dapat membantu menekankan kesejukan pada paru-paru.

  1. Menggunakan bahan alami untuk obat tradisional

Kalau tidak ingin sering berobat ke dokter yang dapat menguras keuangan, bisa digunakan cara alternatif, yakni memakai bahan alami sebagai obat tradisional. Apa saja bahan-bahan alaminya dan cara menggunakannya?

  1. Ciplukan

Tanaman yang bisa mengobati paru-paru basah yang pertama adalah tanaman ciplukan. Ciplukan merupakan tanaman yang mempunyai buah yang bisa dimakan. Tapi, kalau buahnya belum matang, maka rasanya akan pahit dan kalau sudah matang tentu rasanya manis, sehingga enak untuk dikonsumsi.

Sebenarnya, tanaman ini cukup mudah ditemukan bagi orang yang tinggal di daerah pedesaan, karena tanaman ini sangat tumbuh subur di daerah dataran rendah. Kenapa ciplukan dikatakan bisa mengobati paru-paru basah?

Menurut penelitian, ciplukan memiliki kandungan di setiap bagian tanamannya, seperti kandungan saponin di bagian tunas, senyawa flavonid di bagian tunas dan daun, serta kandungan poliderol dan fisalin yang terdapat di buahnya.

Tidak hanya itu saja. Tanaman yang tumbuh liar ini juga mempunyai kandungan alkaloid, asam palmiat, vitamin C, kriptoxantin, tanin, gula, asam chlorogenik, asam sitrun, dan juga asam malat.

Karena mempunyai banyak kandungan, tanaman ciplukan sering digunakan untuk membuat obat antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, antiinflamasi, imunostimulan, antioksidan, analgesik, serta sitotoksik. Maka dari itulah, penderita paru-paru basah disarankan memakai tanaman ini untuk pengobatan alaminya.

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup sediakan beberapa tanaman ciplukan dan jangan lupa ambil semua bagiannya, seperti akar, batang, dan buahnya. Lalu cuci bersih semua bagian-bagiannya, kemudian rebus sampai mendidih. Ambil airnya dan minum saat hangat. Konsumsi ini setiap 3 kali sehari dan bisa dilihat perkembangan paru-parunya nanti.

  1. Pegagan

Tanaman pegagan juga sama dengan tanaman ciplukan yang cukup mudah ditemukan karena tumbuh liar, namun pegagan bisa ditemukan di perkebunan, ladang, bahkan di tepi jalan. Asal tanaman ini berasal dari Asia Tropik, kemudian menyebar ke Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

Di beberapa daerah Indonesia menyebut tanaman ini sebagai daun kaki kuda atau antanan. Kandungan yang dimiliki tanaman ini juga sama luar biasanya dengan ciplukan.

Kandungan yang ada di pegagan yaitu asiaticoside, thankuniside, madecassoside, isothankuniside, brahmoside, brahmoniseide, brahmic acid, madasiatic acid, centelloside, meso inositol, carotenoids, kalsium, magnesium, besi, tanin, kalium, serta natrium. Sangat banyak, bukan kandungan positifnya?

Cara pengolahan tanaman pegagan untuk pengobatan paru-paru basah juga mudah. Cukup makan langsung daun pegagannya sebagai lalapan atau bisa juga dijadikan seduhan teh. Konsumsilah terus sampai paru-paru basahnya sembuh. Tapi kalau ingin menambah dan menjaga sistem kekebalan tubuh, mengkonsumsinya setiap hari juga tidak ada salahnya.

  1. Kulit kacang tanah

Kulit kacang tanah? Mungkin sebagian besar orang tidak tahu kalau kulit kacang tanah ternyata bisa menyembuhkan paru-paru basah, tapi bisa dicoba untuk merasakan khasiatnya dari olahan kulit kacang tanah tersebut.

Bagaimana caranya? Sediakan 27 gram kulit kacang tanah dan juga gula merah. Kemudian rebuslah semua kulit kacang tanahnya dan tambahkan gula merah secukupnya. Tunggu sampai air rebusannya menjadi keruh, lalu ambil airnya. Minum ramuan ini saat hangat. Sebaiknya, konsumsi ini sebanyak 2 kali sehari atau sampai paru-paru basahnya sembuh.

Paru-paru basah bisa dicegah kalau Anda selalu memperhatikan kesehatan Anda. Berikut ini adalah tips supaya terhindar dari penyakit paru-paru basah.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah, terutama ruangan yang sering dipakai, seperti ruang keluarga, kamar, maupun dapur, supaya tidak menjadi sarang virus atau bakteri yang dapat menyebabkan paru-paru basah. Buatlah sirkulasi udara yang baik untuk rumah Anda supaya pertukaran udara di dalam rumah lebih mudah.
  2. Jaga kondisi tubuh tetap kuat dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan buah-buahan maupun sayuran setiap hari.
  3. Jika masih anak-anak, berikan vaksin imunisasi supaya terhindar dari paru-paru basah. Selain itu, bakteri Haemphylus influenza tipe B juga tidak akan mudah menyerang sistem tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here