5 Tips Mengatur Kamar Kost Agar Terasa Lebih Nyaman

0
768

Mengatur kamar kost menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa dan mahasiswi, atau siapapun yang masih belum berminat untuk membeli apartemen ataupun mengontrak. Kreativitas kita sebagai orang biasa akan diuji ketika harus mampu memanfaatkan ruang seukuran kecil, minimal 3×3 meter untuk disulap menjadi ruang dengan beberapa fungsi: kamar tidur, tempat kerja, dan tempat hobi. Semua dilakukan dalam satu ruang yang tidak semua orang bisa betah.

Namun itulah letak keunggulannya, kita jadi bisa lebih leluasa dalam menerapkan berbagai tips ketika ingin mengatur kamar kost supaya lebih nyaman ditinggali. Kita jadi lebih peka dan bisa belajar bagaimana mengatur sebuah ruangan agar mudah dilewati, mudah dibersihkan, serta mampu membangkitkan mood kita saat berada di ruangan tersebut. Tentu sebuah keahlian mendadak yang patut kita banggakan sebagai seorang yang memutuskan untuk tinggal di kamar kost.

Nah, kira-kira tips mengatur kamar kost yang seperti apa ya, yang mampu menyulap kamar kita menjadi lebih luas dan terasa sangat nyaman untuk ditinggali? Kami telah merangkumnya dari beberapa sumber, dan berikut ini ialah tips selengkapnya. Cek yuk sama-sama!

1. Mengatur kamar kost: Jaga kebersihannya

Mengatur kamar kost
via images.google.com

Seberapa sering kita merasa jengah dengan kondisi kamar kost yang berantakan? Selain membuat perasaan tak karuan, kamar berantakan juga jadi penyebab kenapa kesan sempit begitu melekat. Karena itu, kita disarankan untuk rutin bersih-bersih dan merapikan tempat tidur setelah bangun. Rutin mengepel atau membersihkan debu di kamar juga bisa jadi pilihan untuk menjaga kebersihan.

2. Utamakan memilih perabot yang minimalis

Mengatur kamar kost
via images.google.com

Perabot menjadi faktor utama dalam menciptakan kesan ruangan terutama dalam kamar. Selalu pilih perabot yang memiliki bentuk dan ukuran minimalis, namun perannya tetap bisa maksimal. Misalkan saja nih, ketika kamu disuruh memilih ranjang atau matras, maka pilihlah matras karena tetap bisa digunakan sebagai alas tidur yang empuk dan nyaman sekaligus menghemat ruang.

3. Gunakan areal dinding yang masih kosong

Mengatur kamar kost
via images.google.com

Areal dinding kosong jangan kamu anggurkan begitu saja, karena itu bisa jadi tempat yang berguna. Kamu bisa menempatkan floating self atau bisa juga rak gantung untuk menyimpan barang-barang kecil seperti buku, aksesoris, hingga alat-alat perawatan tubuh. Hal ini bisa menciptakan kesan luas dan ruang pun terlihat lebih melegakan ketimbang harus menempatkan barang di bawah.

4. Kreasikan areal dinding agar lebih menarik

Mengatur kamar kost
via images.google.com

Menghias kamar juga menjadi pilihan untuk mengalihkan perhatian ketika kamu membuka pintu kamar. Menghias dinding kamar dengan foto kenangan, atau pernak-pernik lucu, atau bisa juga hasil karya lukisan kamu sendiri. Apapun itu, jangan biarkan dinding kosong melompong yang hanya akan menciptakan kebosanan. Hiaslah dinding kamu menjadi lebih menarik sehingga kamu betah di dalam kamar.

5. Aturlah tata letak perabot sebaik mungkin

Mengatur kamar kost
via images.google.com

Dan yang paling penting, ketika mengatur kamar kost supaya terlihat lebih luas ialah dengan mengatur tata letak perabot. Penting sekali untuk menempatkan perabot utama seperti tempat tidur dan almari di dekat tembok. Rapikan juga sudut-sudutnya dengan menempatkan storage atau meja yang bisa dipakai untuk keperluan apa saja. Atur sedemikian rupa, dan kamu bisa mempelajarinya di internet untuk bagaimana referensi mengatur tata letak perabot.

Itulah tadi sederet tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatur kamar kost agar terasa lebih nyaman ditinggali. Kamu jadi serasa ingin segera pulang ke kostan hanya untuk merasakan mood yang bahagia, ceria, dan serasa berada di rumah sendiri. Yang jelas, kamu bisa lebih peka dalam mengatur ruangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here