Mengatasi Stress, Gimana Caranya? Simak 5 Tips Praktisnya Berikut Ini!

0
531

Mengatasi stress memang bukan sebuah persoalan yang mudah diatasi. Butuh keuletan dan kesabaran tingkat tinggi supaya semua bisa kembali normal seperti sedia kala. Banyak faktor yang menyebabkan kita menjadi stress. Semisal ada kerjaan yang menumpuk, tenggat waktu yang sudah di depan mata, konflik internal dengan keluarga atau sahabat, serta faktor-faktor lain yang tidak bisa kita hindari.

Hal ini tentu butuh cara mengatasi dengan tenang dan tanpa panik. Sebab, kepanikan justru hanya akan menambah pikiran kita tidak terkontrol, walhasil hal-hal yang semula baik malah berubah menjadi sebaliknya. Tentu kita tidak mau bukan, usaha kita menyelesaikan masalah justru menambah masalah? Maka dari itu sikap pertama kita adalah tenang dan kuasai pikiran.

Kalau sudah begitu, bagaimana teknik selanjutnya? Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi stress yang melanda pikiran? Tenang, berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Cek yuk!

1. Mengatasi stress: belanja

Mengatasi stress
via images.google.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan, Amerika Serikat, belanja mampu mengatasi stress sebanyak 40 kali lebih efektif ketimbang cara lain. Kamu pun bisa mencobanya ketika stress melanda. Belanja tak perlu harus barang-barang mewah dan mahal yang justru bakal menambah beban stress kamu meningkat. Tetapi bisa barang-barang murah dan diskon, yang biasa didapat dari promo. Toko online bisa jadi alternatifnya karena lebih murah.

2. Membaca komik favorit

Mengatasi stress
via images.google.com

Apabila kamu belum pernah membaca komik, maka kini saatnya kamu beranikan diri untuk mencoba pertama kalinya. Nantinya, kamu bakal ketagihan karena pikiran kamu akan dibawa menuju ke sebuah cerita yang beda dari film ataupun novel. Bahkan sekarang banyak tersedia komik digital yang tersebar di mana-mana. Kamu juga bisa membeli atau membawa gratis di beberapa penyedia komik. Atau kalau mau lebih fresh, bisa jalan-jalan ke toko buku sembari beli komik favorit.

3. Cobalah untuk menulis

Mengatasi stress
via images.google.com

Terkadang salah satu faktor penyebab stress adalah karena kita terlalu banyak mikir daripada bertindak. Salah satu cara untuk membuang pikiran tersebut ialah dengan menuliskannya. Ingat, memori otak kita terbatas dengan segala ingatan yang ada. Sehingga, kamu wajib menuliskannya untuk meringankan beban memori yang diampu oleh otak kita supaya stress menghilang secara perlahan dan pikiran bisa menjadi fokus seperti sedia kala.

4. Jangan lupa beribadah

Mengatasi stress
via images.google.com

Tentu dan harus. Sebab, kita hidup di dunia ini hanya untuk beribadah, bukan? Gunakan fase ini untuk beribadah sekuat dan semampu kita hingga kita mencapai titik nol dalam hidup dan hanya berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan menyerahkan segala masalah kepada-Nya, niscaya kita akan semakin lega dan lega, karena pertolongan Tuhan merupakan pertolongan paling dibutuhkan dan mampu diandalkan tanpa memberi rasa kecewa pada diri kita.

5. Olahraga ringan juga bisa jadi solusi

Mengatasi stress
via images.google.com

Selain karena kebanyakan mikir daripada bertindak, kekurangan oksigen pun bisa menjadi penyebab stress melanda. Karena itulah, berolahraga rutin menjadi pola hidup yang wajib diterapkan apabila kamu ingin segera menghilangkan rasa stress itu. Berolahraga tak perlu ribet. Cukup jogging ringan 2-3 kali dalam seminggu. Durasinya pun tak perlu lama-lama, cukup 20-30 menit hingga badan kita mengeluarkan keringat dan tubuh kita mendapat asupan oksigen yang cukup.

Itulah tadi beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stress yang tak keruan. Semoga dengan beberapa langkah mudah tadi, kamu bisa menguasai pikiran dan bahkan mengontrol kehidupan kamu untuk bisa diarahkan menjadi lebih baik ke depannya. Semua akan baik-baik saja kalau kamu terus berpikir positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here