Resmi Luis Milla Pelatih Baru Timnas Indonesia Yang Pernah Juara Eropa

0
1489

ALINEASATU.com – Teka – teki siapa pengganti Alfred Riedl mulai terkuak. Akhirnya PSSI secara resmi memperkenalkan Luis Milla Aspas sebagai pelatih baru tim nasional Indonesia. Mungkin tidak banyak orang mengetahui rekam jejak dan prestasi Luis Milla pelatih baru timnas indonesia.

Perlu kalian ingat bahwa keseriusan ketua umum federasi sepakbola Indonesia (PSSI) yang baru membeberkan bahwa akan berkiblat ke sepakbola Spanyol. “Kita lihat Spanyol berkualitas. Nah, kira – kira seperti itu PSSI akan berpatokan ke sana”. ujar Edy Rahmayadi, ketua umum PSSI pada akhir tahun 2016 lalu. Ternyata pernyataan itu benar adanya, pasalnya nahkoda tim nasional yang baru ini merupakan mantan pelatih tim nasional junior Spanyol yang pernah membela Barcelona dan Real Madrid.

Luis Milla Aspas yang saat ini resmi menjadi pelatih tim nasional Indonesia telah tiba di tanah air pekan ini. Ia akan memaparkan presentasi rencananya dan juga secara resmi diumumkan sebagai pengganti Alfred Riedl. Luis Milla pelatih baru timnas Indonesia berperan ganda sebagai timnas U-23 Indonesia dan timnas senior Indonesia. Mengingat sebentar lagi timnas U-23 akan menghadapi SEA Games 2017.

Menurut Edy Rahmayadi, ia menganggap fisik pemain Indonesia sedikit mirip dengan para pemain Spanyol serta cara bermainnya juga. Selain itu, ia juga akan menjadwalkan pelatnas serta uji tanding di Spanyol. Jika berbicara kualitas sepakbola, maka Spanyol-lah yang bisa dijadikan acuan.

luis-milla-pelatih-baru-timnas-indonesia
Luis Milla Saat Masih Melatih Spanyol U-21

Karir kepelatihan Luis Milla dimulai ketika ia menjadi asisten pelatih Michael Laudrup yang tak lain mantan rekan setimnya di Barcelona dan Madrid. Saat itu ia dan Michael Laudrup menagani Getafe pada musim 2007/2008. Getafe sendiri saat dibesut oleh Michael laudrup dan Luis Milla menjadi finalis Copa del Rey.

Setelah menjadi asisten pelatih, Luis Milla pun mulai naik kelas menjadi pelatih tim nasional U-19 dan U-20 Spanyol pada tahun 2008 sampai 2010. Saat Luis Milla menjabat pelatih timnas U-19 dan U-20 Spanyol, ia berhasil membawa pulang gelar Piala Mediterranian Games. Lagi – lagi Milla naik kelas menjadi pelatih tim nasional Spanyol U-21. Kesuksesan benar – benar membawa Luis Milla dan skuat Spanyol U-21 menjadi juara Piala Eropa U-21 di Denmark.

Kesuksesan Luis Milla tak berhenti di situ. Ia juga banyak melahirkan talenta hebat seperti Juan Mata, Ander Herrera, David De Gea, Thiago Alcantara hingga Javi Martinez.

alumni-spanyol-u21
Para Pemain Spanyol U-21 Yang Dilatih Luis Milla

Sedikit tambahan kalau Luis Milla lebih cocok melatih tim nasional daripada di level klub. Pasalnya, jika melihat rekam jejak kepelatihannya sewaktu menangani klub Real Zaragoza, ia sudah didepak dari kursi kepelatihan ketika baru memasuki bulan keempat. Semoga saja dengan pengalaman melatih seorang Luis Milla, ia bisa membawa timnas Indonesia menjadi lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here