Hanya Dengan Minum Kopi Bisa Mencegah Penyakit Hati Lho

0
1213

Kopi Bisa Mencegah Penyakit Hati – Pada zaman yang modern seperti sekarang ini telah banyak penelitian atau riset yang mengangkat tema Kopi. Dan dari hasil penelitian/riset tersebut menyebutkan bahwa kopi memiliki efek positif terhadap tubuh bahkan dapat kopi bisa mencegah penyakit hati. Namun dalam beberapa kasus kopi sering dikaitkan dengan beberapa isu negatif, seperti halnya kopi tidak baik bagi tubuh, kopi bisa membuat orang begadang atau susah tidur. Berbanding terbalik dengan isu negatif tersebut, penelitian justru menyatakan jika mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup dan teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit dan memiliki efek positif bagi tubuh, terutama kesehatan hati.

Mengkonsumsi kopi dengan teratur dan dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi kerusakan pada hati. Kerusakan hati dapat disebabkan oleh beberapa hal,seperti virus hepatitis, mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, perlemakan hati nonalkohol, sirosis, hingga kanker hati. Dalam studi kasus modern ini, konsumsi kopi dihubungkan dan dinterkoneksikan dengan perbaikan kadar enzim-enzim yang mencerminkan fungsi hati, seperti SGPT, SGOT, dan GGT.

Tahukah Kalian Kalau Kopi Bisa Mencegah Penyakit Hati

kopi bisa mencegah penyakit hati
copyright thetanjungpuratimes.com

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan jenis penyakit apa saja yang dapat dicegah hanya dengan minum kopi, di antaranya :

  1. Penyakit Hati Kronis

  2. Penelitian/riset yang dilakukan Modi Et Al menyebutkan bahwa ada hubungan antara mengkonsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada orang yang sedang mengidap penyakit hati kronis. Para peneliti menemukan fakta bahwa meminum 1-2 cangkir kopi dapat menurunkan angka fibrosis hati.

    Dan menkonsumsi 2-3 cangkir kopi memiliki dampak positif bagi tubuh, seperti melindungi hati dari berbagai penyakit. Dalam hal ini kita tidak bisa mengatakan dengan gamblang bahwa semua kopi memilki efek positif terhadap tubuh. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kopi yang difilter terlebih dahulu memiliki efek perlindungan pada hati, sementara kopi yang jenis espresso justru tidak mempunyai dampak positif terhadap tubuh. Dewasa ini memang banyak penelitian yang mendukung kopi bisa menyehatkan dan berdampak positif bagi tubuh bila saja dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, tetapi ingatlah bahwa mengkonsumsi kopi secara tidak teratur dan berlebihan bisa juga berdampak negatif pada tubuh kita dan malah bisa mengundang berbagai penyakit yang tak terduga.

  3. Kanker hati

  4. Suatu penelitian terbaru menemukan bahwa meminum kopi 3 cangkir sehari dapat mengurangi risiko paling umum dari penyakit kanker hati, yaitu karsinoma hepatoseluler (HCC).

    Para peneliti di Mario Negri Institute of Pharmacological Research, Milan. Melakukan riset dari 3.000 kasus yang dihitung dari tahun 1996-2012 mengenai hubungan antara konsumsi kopi dah HCC. Dalam riset ini mereka menemukan bahwa meminum kopi 3 cangkir sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker hati hingga 50%.

  5. Sirosis

Sirosis merupakan salah satu penyakit hati kronis yang dapat menyebabkan kematian pada setiap pengidapnya. Sebuah riset yang mengikutsertakan 430.000 pastisipan menemukan fakta bahwa mengkonsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan faktor risiko sirosis hingga 44%. Selain itu, sebuah studi juga menemukan bahwa menkonsumsi kopi 2-3 cangkir dalam sehari dapat mengurangi risiko terkena sirosis hingga 57%.

Dalam penutup artikel tentang kopi bisa mencegah penyakit hati ini, saya mengingatkan kepada saudara yang suka kopi untuk selalu mengkonsumsi kopi secara teratur dan tidak berlebihan, dan untuk yang tidak suka kopi jangan pernah memaksakan diri untuk suka dengan kopi hanya karena fakta penelitian yang menunjukkan kopi memiliki efek positif, banyak juga alternatif lain yang berguna dan positif bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here