5 Keuntungan Memakai Jasa Arsitek Ketimbang Beli Rumah Jadi

0
457

Alasan kebanyakan keluarga enggan menggunakan jasa arsitek, biasanya karena tidak mau menambah biaya. Memang, biaya tambahan untuk jasa arsitek tidaklah murah. Sedangkan kita ingin semuanya efisien, baik dari biaya maupun waktu. Sehingga, banyak dari kita yang beralih untuk membeli rumah jadi. Terlebih dengan kemudahan KPR yang semakin terbuka untuk seluruh konsumennya.

Namun, kali ini kita akan bahas tentang apa saja keuntungan yang bisa kita dapat ketika memakai jasa arsitek, ketimbang membeli rumah jadi dari developer. Beberapa keuntungan ini justru akan berdampak pada jangka panjang. Bahkan, kalau dilakukan dengan benar, biaya yang dikeluarkan justru jauh lebih murah ketimbang kita membeli rumah. Karena pada dasarnya, kita bisa mengawasi langsung prosesnya.

Tujuan tulisan ini bukan untuk menggiring kamu supaya menelan mentah-mentah dan langsung mengambil keputusan. Tetapi, lebih ke memberi kamu opsi supaya bisa mempertimbangkan pilihan. Hal ini menyangkut masa depan dan jumlah uang yang tidak sedikit, bukan? Baik, langsung saja, ya. Ketimbang membeli rumah langsung jadi, ini kelebihan menggunakan jasa arsitek.

5 Keuntungan Memakai Jasa Arsitek Daripada Membelinya dari Developer

1. Dibuatkan Ide Konsep Sampai Kita Cocok

Keuntungan Memakai Jasa Arsitek
Dibuatkan konsep

Dengan arsitek, kamu jadi lebih leluasa untuk menuangkan segala ide yang ada di kepala. Rumah yang seperti apa, bisa diwujudkan secara nyata. Gaya rumahnya bagaimana, kebutuhan ruangnya apa saja, sirkulasi dan pencahayaan yang adem atau terbuka, butuh untuk dikembangkan di lain waktu atau yang disebut rumah tumbuh, dan banyak lagi opsi yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan jasa arsitek.

Opsi-opsi ini tentu bakal memudahkan kita untuk mewujudkan bagaimana rumah impian kita nanti. Rumah yang semasa kecil kita idam-idamkan untuk menjadi tempat tinggal yang nyaman. Rumah yang menjadi pelepas penat ketika sepulang kerja. Rumah yang menghidupkan keluarga. Memang terkesan agak puitis, yaa. Tapi memang begitu, arsitek bukan saja teknikal, tapi juga psikologi keluarga.

2. Ukuran Tanah Kecil, Bukanlah Masalah Besar

Ukuran tanah bisa diatasi
Ukuran tanah tidak terlalu jadi masalah

Arsitek sudah terlatih untuk mencari solusi dari berbagai masalah lingkungan, termasuk soal ukuran tanah yang tidak terlalu besar. Akan ada perbedaan yang cukup besar antara rumah custom dengan konsultasi terlebih dahulu kepada arsitek, dan yang langsung jadi. Simpelnya, seperti kita membeli motor, deh. Ada motor yang langsung dari dealer, ada motor yang perlu kita custom sesuai keinginan.

Segala fungsional dalam rumah akan tetap terjaga dengan baik, meskipun ukuran tanah tidaklah besar. Kamu bisa buktikan sendiri dengan menonton berbagai video di YouTube tentang bagaimana kemampuan arsitek untuk mengubah ukuran sempit menjadi terasa begitu luas dan fungsionalnya tetap berjalan dengan baik. Segala tata letak, fungsi antar ruang, dan komponen dalam rumah akan berkesinambungan.

3. Bisa Mengatur Biaya Material Bangunan

Bisa mengatur biaya material
Bisa mengatur biaya material

Kelebihan menggunakan jasa arsitek berikutnya adalah, kita bsia mengatur biaya material bangunan. Mudahnya, kita bisa langsung mensupervisi pembelian material-material yang akan dipakai untuk membangun rumah. Bahkan, kalau kita pandai bernegosiasi dengan toko-toko material, kita bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Tentu negosiasi ini akan jauh lebih mudah ketika dibantu oleh arsitek. Arsitek sudah memilki jaringan yang terpercaya kepada toko-toko bahan bangunan untuk proyek-proyek yang dikerjakan. Beda ketika kita membeli langsung jadi. Kita mau tidak mau menyepakati harga yang ditawarkan. Namun, di sini juga perlu hati-hati. Karena kalau tidak jeli, bisa saja harga-harga akan lebih mahal dari biasanya. Maka, tugasnya adalah memilih arsitek yang memang sudah terpercaya.

4. Terlibat Langsung Dalam Proses Pembangunan

Bisa memantau perkembangan
Bisa memantau perkembangan

Serunya membangun rumah dari nol adalah kita dapat mengikuti proses pembangunan dari awal hingga finishing. Keterlibatan ini tentu akan menjadi kelebihan yang membuat kita jadi kaya pengalaman. Selain itu, terpenting adalah kita bisa langsung mengawasi proses pembangunan supaya sesuai dengan konsep yang telah direncanakan. Arsitek juga akan memandu kita tentang tahap-tahap pembangunan ini.

Keterlibatan ini juga akan meminimalisir terjadinya kecurangan. Memang, kita tidak bisa pungkiri, bahwa proyek-proyek konstruksi sering terjadi seperti ini. Menaikkan harga, memperlambat proses pembangunan, hingga penipuan juga kerap terjadi. Karena itu, dengan arsitek yang bisa dipercaya dan telah terbukti karya serta integritasnya; hal-hal tadi bisa diminimalisir. Kita jadi merasa lebih aman, bukan?

5. Bisa Memilih Kondisi Lingkungan Sekitar

Bisa memilih lingkungan yang nyaman
Bisa memilih lingkungan yang nyaman

Tetangga. Kata yang punya banyak makna bagi setiap orang yang mendengarnya. Membangun rumah dari nol dan mempercayakan ide dan pembangunannya kepada arsitek, memungkinkan kita dapat memilih lingkungan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sesuai dengan norma-norma yang kita anut sejak kecil, sehingga tidak ada perbedaan prinsip yang mendasar. Termasuk dalam bertetangga.

Dengan membangun rumah, kita bisa memilih lokasi mana yang akan kita tinggali. Kita bisa mensurvei terlebih dulu, bagaimana lingkungan yang ada di daerah tersebut. Bagaimana keramahan warga sekitar, keamanan dari tindak kejahatan, hingga pergaulan yang sehat dan saling tenggang rasa; sangat bisa dioptimalkan lewat membangun rumah sendiri. Walau memang, arsitek tidak berperan langsung di sini, yaa.

Nah, itulah tadi ulasan singkat seputar kelebihan-kelebihan yang kita dapat dari menggunakan jasa arsitek saat membangun rumah sendiri. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk mewujudkan rumah impian, yaa~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here