Kenali Ciri-Ciri (Gejala) Awal Serangan Maag

0
975

Tanda-tanda awal dari penyakit maag penting untuk Anda ketahui. Dari banyaknya orang yang ada di Indonesia, rata-rata pernah terserang penyakit maag ini. Mulai penyakit maag yang biasa hingga kronis dan akut juga ada. Tidak hanya dapat dialami oleh para orang dewasa saja, melainkan juga penyakit ini dapat menjangkiti anak-anak dan orang tua atau berusia senja sekalipun. Banyaknya kasus penderita maag tentu harus membuat Anda untuk menjadi lebih waspada terhadap kemungkinan terserang penyakit yang menyerang pencernaan ini. Biasanya maag disebabkan karena lifestyle yang kurang sehat, contohnya adalah karena pola makan yang tak teratur, telat makan, hingga makan dengan takaran berlebihan. Mari baca selengkapnya.

Gastritis

Di dalam bahasa medis maag disebut dengan Gastritis, yakni penyakit yang menyerang organ lambung, memberikan efek organ lambung yang kurang berfungsi dengan maksimal untuk menjalankan tugas organ tersebut dalam mencerna makanan. Apabila penyakit ini menimpa seseorang, penderita maag dapat merasakan rasa sakit dan rasa tidak nyaman di bagian perut mereka. Selain itu juga diikuti oleh perasaan mulas dan perih. Sakit tersebut disebabkan area seputar organ lambung mengalami peradangan dan luka.

Gejala sakit Maag

Baik sekarang mari langsung saja ke pembahasan apa sajakah gejala dari sakit maag ini.

  1. Mual & Muntah, ini merupakan gejala umum dari serangan maag. Penderita maag rata-rata akan mengalami gejala yang satu ini. Apabila memang seseorang sudah mengalami gejala pertama ini, maka 80% terserang maag. Tentunya untuk memastikan, Anda juga harus melihat gejala lainnya yang menyertai.
  2. Perut kembung adalah gejala kedua terserang maag. Umumnya akan muncul di seseorang yang menderita maag, karena pada bagian dalam organ lambung mereka terdapat gas dengan jumlah cukup banyak.
  3. Gejala ketiga adalah penderita maag menjadi sering bersendawa. Itu dikarenakan gas yang dihasilkan oleh lambung, maka orang tersebut bersendawa. Ini juga merupakan gejala yang cukup jelas apabila seseorang menderita maag.
  4. Perut jadi sering merasakan lapar. Apabila seseorang gagal dalam menjaga pola makan mereka. Dengan kata lain makan secara tak teratur, maka orang itu cenderung merasa mudah lapar. Tanda-tanda ini juga termasuk ke dalam tanda-tanda jika terserang penyakit maag.
  5. Gejala terakhir adalah munculnya rasa sakit di bagian perut juga dada.

 

Dari berbagai gejala yang ada tersebut. Untuk yang paling sering muncul atau terjadi yakni penderita merasakan perih atau sakit di bagian perut dan bagian dada juga. Walaupun ciri sakit dada, orang-orang lebih sering menghubungkan itu ke gejala dari penyakit jantung. Padahal itu juga bisa karena penyakit maag. Supaya Anda bisa lebih memastikan jika gejala tersebut karena penyakit maag yang Anda derita ataukah karena jenis penyakit yang lain, maka konsultasi dengan ahlinya atau dokter, perlu untuk Anda lakukan dengan segera. Agar dokter dapat melakukan pemeriksaan dan kemudian mengambil kesimpulan. Jadi tidak asal terka Anda terserang maag atau penyakit jantung.

Cara mengobati penyakit maag

Nah, jika Anda hendak mengobati penyakit maag, maka yang pasti adalah Anda harus memperbaiki pola makan terlebih dahulu. Anda tidak perlu makan terlalu banyak dalam satu waktu, tetapi Anda harus makan dengan teratur dan terjadwal. Dan hal tersebut harus Anda lakukan setiap harinya, jadi bukan hanya pada awal-awal saja, jika tidak nanti penyakit maag pun akan kambuh kembali. Sekian artikel tentang ciri-ciri atau gejala awal serangan maag, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here