Jangan Sepelekan! Ini Cara Mengobati Nyeri Punggung Agar Tidak Terlanjur Kronis

0
432

Nyeri punggung sering ditandai dengan rasa sakit yang menjalar di sepanjang tulang belakang. Rasa sakit dan nyeri yang dirasakan bisa bertahan lama ataupun hanya sebentar dan bahkan intensitas sakitnya akan lebih tinggi apabila bergerak. Sensasi yang menyiksa tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan jaringan pada bagian mulai dari dasar leher sampai ekor tulang belakang.

Pada umumnya, mengobati nyeri punggung hanya cukup dengan minum obat peredam nyeri, namun beberapa kasus nyeri punggung yang kronis, obat peredam tersebut tidak cukup mampu untuk mengusir rasa nyeri. Orang yang sering terkena nyeri punggung adalah kalangan lansia karena memang gejala umum dari penuaan. Selain itu, para wanita cenderung lebih banyak menderita nyeri punggung.

Apa sih Penyebab Nyeri Punggung?

Namun, bukan hanya lansia yang cenderung terkena nyeri punggung. Pria dan wanita dewasa atau pun remaja juga memiliki kecenderungan terserang nyeri punggung karena beberapa penyebab.

Penyebab yang dimaksud antara lain:

  1. Postur tubuh yang salah saat duduk. Jangan sepelekan posisi duduk karena apabila salah maka akan terjadi ketegangan pada otot sehingga membuatnya menjadi kaku. Apabila sering dibiarkan dan diteruskan maka lama-lama akan menimbulkan nyeri dan sakit punggung. Sebaiknya atur posisi duduk secara ideal, dan apabila terasa capek, lakukankah peregangan agar kembali rileks.
  2. Posisi tidur yang tidak ideal. Selain posisi duduk, posisi tidur juga harus diperhatikan karena jika salah, maka punggung akan merasa nyeri ketika bangun. Jangan tidur dengan posisi tengkurap, dan dengan menggunakan bantal terlaku tinggi. Posisi yang baik adalah miring ke kanan, atau terlentang dengan bantal yang membuat Anda nyaman berbaring.
  3. Sering mengangkat beban berat. Mengangkat beban tentulah melibatkan punggung sebagai tonggak utamanya. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat, akan lebih rentan terkena nyeri punggung. Namun, mengangkat beban dengan cara yang benar akan meminimalisir resiko sakit punggung. Selain itu, sering gunakan penghangat punggung agar menghindari nyeri.
  4. Luka akibat kecelakaan atau pun cidera lain di bagian tubuh akan mengakibatkan nyeri yang datang sewaktu-waktu. Apabila Anda mengalami trauma luka di bagian kepala, tangan, dan paha maka kemungkinan besar akan memicu nyeri punggung juga. Hal itu disebabkan oleh letaknya yang dekat dengan tulang belakang sehingga memberi dampak langsung.
  5. Kelebihan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung mudah terserang nyeri punggung. Oleh karena itu, usahakan selalu bergerak aktif, dan rajin berolahraga. Jangan terlalu lama duduk diam atau pun berbaring lama tanpa melakukan apa pun. Dengan aktif bergerak, maka kesehatan tulang dan tubuh pun terjaga dengan baik.

Jenis-Jenis Nyeri Punggung

Agar mengetahui penanganan yang tepat untuk mengobati nyeri punggung maka perlu diketahui jenis-jenis dari nyeri punggung tersebut. Berikut beberapa jenis nyeri punggung yang bisa dijadikan referensi:

  1. Nyeri jenis ini disebabkan oleh iritasi dan adanya tekanan yang terjadi pada saraf skiatik. Tekanan tersebut menimbulkan kebas di sepanjang punggung bagian bawah sampai pantat hingga bagian telapak kaki. Kebas yang terjadi juga diikuti rasa nyeri yang begitu terasa dan semakin sakit intensitasnya ketika Anda menggerakkan bagian tersebut.
  2. Frozen Shoulder. Sesuai namanya, jenis ini mengakibatkan sensasi rasa kaku yang terjadi di area bahu. Rasa kaku ini disertai juga dengan nyeri yang menjalar di sepanjang bagian tulang belakang. Gejala ini bisa disebabkan oleh sering duduk dengan posisi statis atau bekerja terlalu lama di depan komputer dengan posisi yang tidak ideal.
  3. Slipped Disc. Disc di sini memiliki arti cakram sendi yang terdapat pada tulang punggung. Jenis nyeri ini terjadi karena adanya kerusakan pada cakram sendi tersebut. Kerusakan cakram sendi kemudian membuat saraf-saraf tertekan sehingga menimbulkan sensasi tegang dan sakit di sepanjang tulang belakang. Apabila berlangsung lama dan sering maka harus segera diperiksakan.
  4. Whiplash, terjadi karena adanya cedera pada bagian leher sehingga menimbulkan sakit yang luar biasa. Cedera tersebut bisa diakibatkan benturan keras yang mengenai leher atau pun terjatuh. Leher yang cedera tersebut memicu rasa nyeri yang menjalar sampai sekujur tulang belakang bahkan bisa terasa sampai pantat hingga paha apabila cederanya cukup parah.
  5. Ankylosing Spondylitis. Jenis nyeri di area punggung ini terjadi karena adanya peradangan di bagian pertemuan antara pelvis dan tulang belakang. Peradangan tersebut berdampak pada rasa sakit di sekujur punggung. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan cukup sakit karena peradangan tersebut sudah terbilang kronis sehingga harus diobati dengan cara yang tepat.

Cara Mengobati Nyeri Punggung

  1. Manfaatkan bahan alami. Mengobati nyeri punggung dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami agar tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan antara lain jahe yang diparut kemudian digosok di area punggung, daun alpokat yang direbus kemudian diminum setiap pagi dan sore, mentimun yang direbus untuk diminum tiga kali sehari.
  2. Olahraga secara teratur. Tetap aktif dan rutin olahraga adalah kunci utama agar tulang, persendian, dan otot terjaga kesehatannya. Anda bisa teratur jogging, sit up, push up atau pun olahraga lainnya agar menjaga kelenturan otot-otot tubuh. Dengan terjaga kelenturannya maka akan meminimalisir peregangan otot yang dapat menimbulkan nyeri pada bagian punggung.
  3. Konsumsi vitamin. Asupan vitamin B12 yang cukup merupakan cara ampuh untuk mengobati nyeri punggung. Vitamin B12 ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk proses regenerasi saraf setelah cidera. Konsumsi vitamin B12 pun dapat dikombinasikan dengan obat peredam nyeri lainnya agar sakit di punggung Anda dapat sembuh dengan cepat tanpa khawatir efek samping.
  4. Stretching setiap pagi. Melakukan olahraga ringan namun rutin justru mampu mengobati nyeri punggung dan mencegahnya datang kembali. Lakukanlah stretching ringan setiap pagi secara rutin seperti menggoyang-goyangkan tangan dan kaki, gerakan menyentak, gerakan melempar, gerakan memutar dan lainnya. Atur posisi berdiri yang baik dan ideal agar tidak membuat badan sakit.
  5. Manfaatkan es batu. Pertolongan pertama pada nyeri punggung yang mudah dan praktis adalah dengan menempelkan es batu atau air es ke punggung yang nyeri tersebut. Tapi ingat, jangan menempelkannya langsung ke permukaan kulit. Anda harus menaruh es atau air dingin di dalam plastik, botol, atau handuk seperti akan mengompres.
  6. Terapi panas. Selain menggunakan air es, mengobati nyeri punggung juga bisa dengan memanfaatkan air hangat. Caranya mudah, tempelkan botol yang sudah diisi air hangat ke bagian punggung yang nyeri. Cara lain adalah dengan menggunakan kain/handuk lalu tempelkan di punggung selama kurang lebih 15 sampai 20 menit sampai merasa enakan.
  7. Olahraga yang satu ini juga bisa Anda coba untuk mengobati nyeri punggung. Dengan melakukan yoga secara rutin, gejala nyeri punggung juga akan teratasi dengan mudah. Selain mengusir nyeri punggung, Anda juga akan mendapatkan sensasi relaksasi yang baik bagi kesehatan tubuh.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here