Jam Digital Masjid, Inovasi Teknologi untuk Kemudahan Ibadah

0
712

Inovasi dan perkembangan teknologi saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk memberi berbagai kemudahan, termasuk dalam hal ibadah. Salah satu contohnya adalah adanya jam digital masjid yang dilengkapi dengan beragam fitur menarik dan bermanfaat di dalamnya. Jika dulu jam konvensional hanya bisa menunjukkan waktu sholat, maka dengan adanya jam digital serta fitur di dalamnya, Anda bisa melihat jadwal sholat hingga alarm penunjuk waktu sholat.

Fitur-Fitur pada Jam Digital Masjid

Dari segi tampilan, jam digital yang dipasang di masjid ini memang berbeda dengan jam digital pada umumnya. Ukurannya bervariasi, ada yang berukuran besar, ada yang berukuran minimalis. Selain layar penampil yang menampilkan informasi waktu dan jadwal sholat, ada pula beberapa tipe jam digital ini yang dibuat dengan menyertakan background sehingga membuatnya semakin menarik.

Ditambah lagi, adanya komponen berupa remote control yang akan semakin memudahkan Anda untuk mengatur jam meskipun tanpa melepaskannya dari dinding. Selain itu, karena dibuat dengan memanfaatkan teknologi terkini, maka di dalamnya juga dipasang berbagai fitur menarik dan sangat bermanfaat. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa ditemukan pada jam digital ini.

  1. Penanda Waktu Sholat

Fitur paling utama dan penting yang ada pada jam digital  masjid ini adalah penanda waktu sholat. Penanda 5 waktu sholat akan ditampilkan di layar, mulai dari waktu sholat subuh hingga isya’. Dengan begitu para jamaah dapat mengetahui apakah ketika akan melakukan sholat di masjid tersebut sudah masuk waktu sholat atau belum.

  1. Penunjuk Waktu

Karena merupakan sebuah mesin penunjuk waktu, maka fitur yang pasti ada pada jam yang dipasang di masjid ini tentu saja penunjuk waktu. Pada beberapa merek jam digital di masjid bahkan sudah memungkinkan Anda untuk menyesuaikan waktu secara otomatis dengan waktu di ponsel Anda. Tak hanya itu, meskipun berbentuk digital, pada jam ini juga terpasang baterai. Jadi ketika mati listrik, jam masih berfungsi.

  1. Countdown Adzan

Jam digital di masjid ini juga memiliki fitur dimana Anda bisa mengatur countdown untuk sholat, adzan sekaligus iqomah. Jika dibutuhkan, alarm pengingat countdown waktu sholat dan adzan juga bisa Anda atur sendiri. Dengan begitu waktu adzan bisa tepat. Mengatur fitur ini pun sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

  1. Running Teks

Memang tidak semua merek jam digital menyediakan fitur ini, yaitu fitur running teks atau teks berjalan. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan teks berupa pesan-pesan, pengingat, atau ucapan untuk hari besar keagamaan jika dibutuhkan. Karena Anda bisa menambahkan sendiri teks berjalan ini, maka fitur ini bisa diatur sesuka hati dan bisa disesuaikan dengan moment atau waktu tertentu.

  1. Jadwal Sholat di Kota-Kota Besar

Sudah umum diketahui jika jadwal sholat di setiap kota besar di Indonesia sedikit berbeda, meskipun hanya beberapa menit. Tidak seperti fitur penanda waktu sholat, fitur ini biasanya bersifat opsional. Jadi bisa ditampilkan atau tidak. Namun umumnya, jam digital masjid sudah dilengkapi dengan fitur jadwal sholat kota-kota besar di Indonesia ini.

 

Nah, itu tadi adalah berbagai fitur yang bisa Anda temukan pada jam digital masjid. Penggunaan jam digital ini di masjid memang memberikan manfaat tersendiri, terutama bagi jamaah yang melaksanakan sholat di masjid tersebut. Maka dari itu, tak heran jika inovasi teknologi ini semakin banyak dimanfaatkan untuk kepentingan umat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here