Inilah Brankas Emas Terbesar di Dunia (Fort Knox) Berisi Emas Batangan

0
144

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar brankas penyimpanan emas? Tentunya yang sering dipikirkan adalah gedung antik dengan penjagaan super ketat. Ternyata terdapat brankas atau penyimpanan emas yang menyimpan simpanan emas batangan. Inilah Brankas Emas Terbesar di Dunia (Fort Knox) dengan detail yang mencengangkan.

Inilah Brankas Emas Terbesar di Dunia (Fort Knox) yang Terkenal

Bagi Anda yang belum mengetahui detail terkait brankas penyimpanan ini, ternyata ia merupakan fasilitas benteng penyimpanan cadangan kas serta emas milik Amerika Serikat, dan lebih dikenal sebagai Fort Knox.

Berikut merupakan informasi lengkap mengenai benter Fort Knox yang wajib Anda ketahui.

  1. Lokasi Fort Knox

Fort Knox memiliki nama resminya sendiri, yakni united states bullion depository yang berlokasi di salah satu kompleks milik pangkalan Angkatan Darat Amerika Serikat. Inilah yang kemudian menyebabkan Fort Knox mendapatkan penjagaan yang cukup ketat, dengan penjaga yang profesional serta peralatan keamanan dengan standar maksimal.

Brankas penyimpanan ini dikelola oleh Federe Reserve Bank of New York City, yang juga berada di bawah naungan pemerintahan Amerika Serikat. Bagian uniknya adalah emas yang dimiliki oleh Fort Knox tidak semua dimiliki oleh masyarakat AS. Malah kebanyakan dimiliki oleh bank sentral dari seluruh penjuru dunia.

  1. Jumlah Emas yang Disimpan

Menurut informasi,terdapat 530 ribu batang emas yang tersimpan dalam Fort Knox, membuatnya menjadi brankas penyimpanan emas terbesar di dunia. Total emas yang ada di brankas tersebut mencapai harga 350 miliar dollar. Jika di alihkan ke dalam rupiah, jumlahnya bahkan lebih fantastis, kurang lebih sekitar 4.600 triliun rupiah.

Inilah brankas emas terbesar di dunia (Fort Knox) yang dikabarkan menyimpan hampir sekitar 25 persen dari total emas cadangan di seluruh penjuru dunia. Emas-emas tersebut tercatat milik dari 48 bank asing, serta dari 12 organisasi internasional, yang menggunakan Fort Knox sebagai media simpan. Dari 530 ribu batang emas tersebut, hanya lima persen yang dimiliki oleh warga negara Amerika sendiri.

  1. Keamanan Fort Knox

Dari luar Fort Knox mungkin akan terlihat seperti bangunan biasa, dengan tiap jendela dari lantai satu sampai tiga yang dilapisi dengan teralis besi tebal. Namun, ia merupakan bangunan paling aman di dunia karena dijaga ketat selama 24 jam dan penuh kamera tersembunyi.

Selain itu, patroli dilakukan secara rutin dan terjadwal baik dari dalam maupun luar gedung, membuat pencurian mustahil untuk dilakukan. Akses menuju lokasi tersebut hanya satu arah untuk keluar dan masuk, yakni lorong yang terbuat dari 140 ton besi yang dilebur dengan baja.

  1. Akses Keluar Masuk

Lorong yang sebelumnya berlapis baja dan besi, yang digunakan sebagai media keluar dan masuk akan ditutup ketika bank sedang tutup. Lorong ini juga kedap suara dan sulit untuk dimasuki bagi mereka yang tidak memiliki izin dari petugas keamanan.

Tidak sembarangan orang diperkenankan masuk ke dalam bank tersebut, dan perlu ditemani oleh staf. Untuk membuka bank saja perlu akses yang dilakukan oleh 3 staf dari bank tersebut. Penggunaan Fort Knox sebagai brankas penyimpanan emas telah dilakukan sejak Perang Dunia Kedua pecah.

Beginilah brankas emas terbesar di dunia (Fort Knox) dan berbagai informasi detail terkait keamanan dan detail lainnya. Brankas emas ini sampai sekarang masih beroperasi dan mendapatkan penjagaan yang ketat dari Angkatan Darat Amerika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here