Hat-trick Harry Kane Lawan Panama Bawa Inggris Ke Enam Belas Besar Piala Dunia 2018

0
589

Harry Kane menjadi pesepak bola Inggris ketiga yang mampu mencetak hat-trick di putaran Piala Dunia saat Inggris mengalahkan Panama pada hari Minggu, 24 Juni 2018. Kemenangan telak Inggris atas Panama dengan skor 6-1 membuat Inggris memantapkan posisi fase grup G dan lolos ke babak knock out enam belas besar Piala Dunia 2018 bersama Belgia yang sama-sama mengantongi 2 kali kemenangan.

Timnas sepak bola Inggris mampu menghancurkan wakil zona Concacaf yang juga tim debutan Panama dalam pertandingan Grup G FIFA World Cup 2018 di stadion Nizhny Novgorod. Panama menunjukkan beberapa kehebatan menyerang ketika mereka membawa bola ke pertahanan Inggris dengan cara serangan balik yang cepat. Namun, semua serangan dapat diredam oleh kokohnya pertahanan Inggris.

Inggris nyaris kebobolan pada menit kelima. Pemain Panama, Anibal Godoy, hampir saja berhasil membobol gawang Jordan Pickford. Beruntung bagi Inggris, sepakan Godoy melambung melewati gawang.

Dalam pertandingan melawan Panama, inggris unggul lebih dulu melalui tandukan pemain asal Manchaster City John Stones pada menit ke-8 melalui assist yang diberikan oleh Kieran Trippier. Harry Kane menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-20 melalui titik putih setelah Lingard dijatuhkan dikotak pinalti.

Taklama kemudian giliran Lingard membawa inggris unggul 3-0 pada menit ke-36 lewat assist yang diberikan oleh Raheem Sterling. Selang waktu 4 menit John Stones kembali menambah keunggulan Inggris lewat tandukannya menjadi 4-0 pada menit ke-40 memanfaatkan bola muntah hasil tandukan dari Raheem Sterling.

Tak cukup berhenti sampai disini, inggris terus menambah keunggulan sebelum turun minum menjadi 5-0 dibabak injury time melalui titik putih yang dilakukan dengan sukses oleh Harry Kane pada menit ke-45+1.

Memasuki babak kedua lagi-lagi Kapten Inggris Harry Kane membawa inggris unggul 6-0 sekaligus menjadikan dirinya hat-trick pada menit ke-62 melalui assist yang diberikan oleh Ruben Loftus-Cheek. Namun pada menit ke-78 Panama berhasil memperkecil kekalahan menjadi 6-1 memalui goal yang diciptakan oleh Felipe Baloy memanfaatkan assist yang diberikan oleh Ricardo Avila.

Dengan kemenangan telak 6-1 atas Panama Gareth Southgate (pelatih inggris) telah melewati masa sulit sebagai manajer Inggris minggu ini, tetapi kemenangan atas Panama merupakan respon yang besar karena Inggris dapat dipastikan lolos dari fase grub G.

Ini adalah pertama kalinya Inggris mencetak lebih dari empat gol dalam pertandingan Piala Dunia, yang terakhir adalah pada piala dunia tahun 1966. Ini juga hanya kelima kalinya dalam sejarah bahwa satu tim mencapai kemenangan 5-0 di babak pertama pertandingan di turnamen termegah sepak bola dunia ini. Harry Kane kemudian menjadi kapten Inggris pertama yang mencetak hat-trick sejak Alan Shearer melawan Luksemburg pada tahun 1999, dan menjadi pemain The Three Lions ketiga yang melakukannya di Piala Dunia.

Dengan kemenangan telak 6-1 dan dapat dipastikan lolos fase grup, namun pelatih/manager inggris Gareth Southgate tidak harus berpuas diri. Gareth Southgate tetap fokus pada pertandingan ketiga melawan Belgia.

“ Semua pertandingan itu penting Belgia adalah tim yang sangat bagus, banyak memiliki pemain kelas dunia. Namun kita harus tetap focus dan memenangka pertandingan nanti agar kita berada di puncak grup dan memudahkan inggris untuk menentukan lawan berikutnya nanti. “ terang Gareth Southgate.

Susunan pemain:

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Trippier, Loftus-Cheek, Henderson, Lingard, Young, Sterling, Kane.

Panama: Penedo, Murillo, Roman Torres, Escobar, Davis, Barcenas, Cooper, Gomez, Godoy, Jose Luis Rodriguez, Perez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here