Fungsi Microsoft Excel yang Penting dan Wajib Diketahui

0
264

Semua orang mengenal produk office berupa Microsoft Excel. Sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi ini mendapatkan apresiasi dan adopsi yang tinggi. Saat ini, file dengan ekstensi Excel menjadi standar saat mengolah dokumen berbentuk database dan spreadsheet. Agar bekerja lebih efisien dan optimal, Anda sebaiknya mengetahui beberapa Fungsi Excel.

Daftar Fungsi Excel untuk Beberapa Tujuan

Orang bertanya apakah Fungsi Excel tersebut. Mereka sering menggunakan tetapi masih bingung mana yang dinyatakan sebagai suatu fungsi. Di aplikasi ini, Anda dapat menghitung dengan cepat.caranya mudah yaitu dengan memulai memasukkan tanda (=)) lalu diikuti dengan cell dan operasional misalnya perkalian. Ini merupakan bentuk dari fungsi sederhana. Contoh lain masih banyak dan Anda dapat dengan mudah menemukan referensinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak beberapa fungsi penting di aplikasi Excel.

  • Fungsi perhitungan dasar

Yang dimaksud dengan fungsi dasar adalah basis perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Di Excel, Anda bisa menghitung dua cell misalnya cell pertama berisi 34 dan kedua adalah angka 2. Di cell ketiga, Anda hanya perlu melakukan proses penjumlahan yang diawali dengan simbol (=) sebagai sebuah fungsi mulai bekerja.

Fungsi seperti ini bisa diperluas dengan menjumlah secara otomatis dari satu cell ke cell yang lain. Anda bisa melakukannya secara manual atau otomatis dengan memasukkan cell awal dan akhir.

  • Fungsi logika

Fungsi Excel berikutnya adalah logika terdiri dari IF, OR, IFERROR, NOT, dan AND. Anda pernah belajar materi logika di sekolah atau kampus. Aplikasi Excel menerapkannya untuk kebutuhan pekerjaan. Secara umum, fungsi ini berguna untuk membuat sebuah hasil berdasarkan logika. Contoh mudah adalah Anda perlu memilih data yang valid karena memenuhi tiga kriteria. Dengan fungsi logika tersebut, Anda membuat sebuah fungsi panjang. Jika semua kriteria masuk, data Anda akan muncul keterangan valid.

Agar bisa menggunakan fungsi ini, pengguna wajib mengetahui notasi. Artinya, kriteria harus didefinisikan dengan jelas dan fungsi diketik dengan aturan yang benar. Anda bisa memulai dari fungsi sederhana untuk satu kriteria lalu diperluas lagi menjadi lebih kompleks.

  • Fungsi waktu dan tanggal

Excel juga bisa menampilkan waktu, tanggal, bulan, dan tahun. Misalnya, Anda ingin mengetahui tanggal saat ini maka digunakan keterangan DATE. Sama dengan fungsi lainnya, pengguna perlu mengerti beberapa istilah dan kriteria sehingga fungsi ini dapat diterapkan dengan benar.

  • Fungsi statistik

Fungsi selanjutnya adalah berkaitan dengan statistika. Anda bisa menjumlah semua data, menentukan rataan, standar deviasi, varian, dan lainnya dari fungsi ini. Fungsi juga bisa menentukan data terbesar dan terkecil serta membuat peringkat. Anda dua cara untuk menggunakan fungsi tersebut yaitu diketik manual sehingga Anda harus tahu terlebih dahulu range data. Cara kedua adalah dengan diblok semua data yang digunakan lalu mulai memakai fungsi statistik tertentu untuk mendapatkan hasil.

  • Fungsi finansial dan teknik

Microsoft membuat update terkait Fungsi Excel di versi terbaru. Anda dapat menemukan banyak sekali fungsi yang tampak aneh karena tidak familiar. Akan tetapi, fungsi tersebut sering dipakai oleh pengguna di bidang tertentu. Contohnya adalah fungsi finansial dan teknik.

Sebagai tambahan, pengguna sebaiknya memakai Microsoft Excel versi 2007 hingga terbaru. Sebagian besar fungsi terbaru dan kompleks bisa bekerja dan beroperasi tanpa kendala di update terbaru. Anda bisa menggabungkan satu Fungsi Excel dan lainnya sehingga hasilnya lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here