Daftar Tempat Wisata Tersembunyi di Jawa Barat yang Indah

1
852

Daftar Tempat Wisata Tersembunyi di Jawa Barat yang Indah – Provinsi Jawa Barat menyimpan beragam tempat wisata yang indah dan eksotis. Terletak di pulau Jawa bagian Barat, Jawa Barat memiliki tempat wisata yang sangat beragam mulai dari wisata pantai hingga wisata gunung. Selain memiliki tempat wisata yang terkenal, Jawa Barat juga memiliki berbagai tempat wisata tersembunyi yang jauh dari pemukiman dan masih perawan. Kelebihan dari tempat wisata tersembunyi adalah suasananya yang masih sangat alami dengan pemandangan alam yang masih asli. Selain itu, tempat wisata tersembunyi di Jawa Barat dapat dijadikan tempat menenangkan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota yang membuat stress. Jika anda ingin menenangkan diri dan mencari inspirasi sekaligus berlibur, mungkin beberapa rekomendasi tempat wisata tersembunyi di Jawa Barat berikut ini bisa anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata Tersembunyi di Jawa Barat

  1. Tebing Citatah, Padalarang. Tempat wisata pertama yang bisa anda kunjungi untuk menguji adrenalin adalah Tebing Citatah yang ada di Padalarang. Lokasi tebing ini cukup dekat dengan Goa Pawon maupun Stone Garden. Tempat wisata tersembunyi ini memang masih jarang yang mengunjungi karena hanya dibuka untuk umum pada akhir pekan saja. Tebing Citatah sebenarnya adalah tempat latihan prajurit Kopassus namun di akhir pekan pengunjung boleh melakukan panjat tebing secara gratis. Di Tebing Citatah sendiri terdapat 3 tebing yang bisa dipanjat yaitu Citatah 48, Citatah 90, dan Citatah 125. Bagi pemula, tebing yang boleh dipanjat hanyalah Citatah 48 dengan ketinggian 50 meter. Tebing ini cocok untuk pemula karena medannya tidak terlalu sulit. Ketika sampai diatas tebing, pendaki akan disambut oleh monumen belati milik Kopassus. Sementara untuk tebing Citatah 90 dan Citatah 125 hanya boleh didaki oleh pendaki professional dengan sertifikat dan surat ijin dari pihak yang berwenang. Untuk mendaki ketiga tebing Citatah diperlukan peralatan yang memadai dan keselamatan harus menjadi nomor 1. Tebing ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang suka petualangan karena pemandangan ketika berada di puncak tebing sangatlah indah.
  2. Gunung Padang, Cianjur. Mungkin sebagian wisatawan sudah banyak yang mengetahui keberadaan gunung ini karena gunung ini pernah menggemparkan dengan penemuan besarnya. Gunung Padang sebenarnya adalah sebuah piramida besar yang dibangun sekitar 20.000 tahun yang lalu. Temuan ini sempat menggemparkan jagat nasional karena piramida ini diklaim sebagai piramida tertua di dunia, bahkan lebih tua dari piramida di Mesir. Terlepas dari sejarah tempat ini, Gunung Padang menawarkan keindahan alam yang mempesona serta memiliki keunikan. Tempat yang sudah dibuka untuk umum ini memiliki beberapa teras mulai dari teras yang paling luas sampai paling sempit. Untuk menuju keatas, pengunjung harus melewati anak tangga yang terbuat dari batu. Ketika sampai di teras pertama, pengunjung akan disambut oleh pemandangan alam yang indah dengan berbagai batuan yang berserakan. Teras pertama ini sekaligus sebagai spot foto selfie yang instagramable. Di puncak tertinggi, pengunjung akan melihat keindahan pemandangan dari atas bukit dengan batuan panjang di sekelilingnya. Ketika sampai puncak, anda bisa duduk santai sambil menikmati panorama alam yang menyejukkan mata.
  3. Gunung Lembu, Purwakarta. Ternyata Purwakarta juga memiliki surga tersembunyi yang jarang diketahui orang banyak. Surga tersebut berada di Gunung Lembu yang berlokasi di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani. Gunung yang memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut ini memiliki jalur pendakian yang mudah dilalui sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula. Meskipun memiliki trek paling mudah, bukan berarti medan yang dilalui akan cukup datar karena pengunjung harus melalui hutan bambu dan juga beberapa lereng dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Mendaki Gunung Lembu paling cocok dilakukan ketika musim kemarau karena apabila dilakukan saat musim hujan maka medannya semakin sulit untuk dilalui. Pendaki akan membutuhkan kurang lebih 3 jam perjalanan sampai menuju ke puncak gunung. Ketika sampai puncak, pengunjung akan disambut oleh pemandangan yang sangat menakjubkan. Pengunjung akan melihat pemandangan Waduk Jatiluhur dari ketinggian dengan air berwarna biru serta pemandangan gunung-gunung lain di sekitar waduk. Untuk anda yang ingin menikmati suasana sunrise, anda bisa mendirikan tenda di puncak Gunung Lembu karena di puncak terdapat dataran yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda.
  4. Pantai Puncak Guha, Garut. Jawa Barat tak hanya memiliki pantai Pangandaran saja yang indah, namun terdapat pantai lainnya yang tak kalah indah seperti Pantai Puncak Guha yang terletak di Garut. Pantai ini menyuguhkan suasana pantai yang tak biasa karena pantai ini memiliki semenanjung yang langsung berbatasan dengan laut. Di semenanjung ini pengunjung bisa menikmati suasana sunset yang tiada duanya. Ketika sunset tiba, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang tak biasa yakni ratusan kekelawar yang keluar untuk mencari makan dari gua dibawah tebing. Selain dapat menikmati pemandangan pantai yang begitu indah, pengunjung juga akan disambut dengan pemandangan hijau dari bukit di belakang. Jika anda ingin berkunjung ke pantai ini, anda bisa melakukan perjalanan menuju Pantai Rancabuaya, kemudian dari pantai Rancabuaya belok ke kiri barulah sampai di pantai Puncak Guha. Pengunjung yang mengunjungi pantai ini dikenakan biaya masuk sebesar 5000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil.
  5. Gunung Galunggung, Tasikmalaya. Gunung Galunggung memiliki pesona wisata tersendiri yakni keindahan kawahnya. Kawah gunung ini memiliki air yang berwarna kehijauan dan dikelilingi oleh tebing tinggi berwarna hijau. Pemandangan ini merupakan pemandangan yang sangat dicari oleh wisatawan yang datang ke kawah Gunung Galunggung. Untuk menuju ke kawah, pengunjung harus melewati 620 anak tangga yang cukup menyita banyak tenaga. Namun tenang, ketika sampai diatas terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman hangat untuk mengobati rasa letih selama perjalanan. Menikmati secangkir kopi hangat sambil ditemani pemandangan Gunung Galunggung yang mempesona akan membuat hidupmu lebih sempurna. Untuk bisa menikmati semua itu, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 6500 untuk masuk ke area wisata, dan 2000 rupiah untuk menuju ke kawah.

Nah, itulah beberapa tempat wisata tersembunyi di Jawa Barat yang bisa anda kunjungi. Tempatnya yang tersembunyi membuat wisatawan yang berkunjung masih cukup sedikit sehingga suasananya cukup tenang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here