Cara Upload Video Ke Youtube Dengan Lebih Mudah

0
327

Akses video dalam platform YouTube kini semakin banyak dinikmati oleh masyarakat baik dalam media ponsel smartphone, laptop ataupun PC komputer. Kita bisa melihat bahwa ada banyak cara upload video ke YouTube, namun tetap saja dari sisi prosesnya tak semua pengguna YouTube mengetahuinya. Bahkan ada beberapa kesalahan yang masih kerap terjadi ketika melakukan upload hingga editing video.

Cara Upload Video ke YouTube

Langkah-langkah tepat untuk mengunggah video ke YouTube memang jadi salah satu proses yang cukup rumit, namun sekarang sudah tersedia beberapa langkah tepat yang memang ditujukan mempermudah prosedur upload ke platform YouTube.

Berikut ini ada beberapa prosedur sederhana dalam mengupload video ke platform YouTube.

Login ke Akun YouTube


Pertama Anda harus mengunjungi situs YouTube dahulu untuk bisa melakukan login ke akun yang sebelumnya sudah Anda buat. Bila Anda belum memiliki channel YouTube sebaiknya buat sebuah channel YouTube menggunakan akun Gmail. Jika sudah login, bisa dipastikan akan ada tampilan berbeda yang mana membuat Anda masuk ke dalam channel YouTube milik pribadi.

Pilih Opsi Button Upload


Tahapan selanjutnya cek pada bagian kanan, dimana terdapat tanda untuk mengupload video berbentuk tanda panah ke atas. Klik lambang panah tersebut untuk mempermudah proses upload video ke YouTube.

Proses Menambah Video yang Ingin diupload

Prosedur selanjutnya adalah menambahkan video yang ingin di upload. Pada tahapan ini Anda akan dibawa untuk masuk ke halaman penambahan video di YouTube, lalu klik button upload dan pilihlah video yang ingin segera di upload ke platform YouTube. Perhatikan juga ukuran video, karena semakin besar ukurannya maka dari sisi kecepatan upload juga mempengaruhi.

Menunggu Proses Upload

Pada tahapan selanjutnya adalah menunggu proses upload, namun sembari Anda menunggu proses upload ada baiknya mengisi form yang sudah menjadi kewajiban bagi pengupload video. Sesuaikan juga dari isian deskripsi mengenai video yang Anda upload.

Ada 4 opsi yang harus dimengerti bagi pengunggah video dimana klasifikasi video akan menentukan kualitas dan juga berhasil tidaknya upload video.

  • Publik : Video yang nanti Anda upload akan publikasikan secara luas ataupun umum.
  • Tidak Publik : video yang diupload hanya bisa dilihat oleh Anda sendiri
  • Pribadi : Video nantinya hanya bisa diupload secara pribadi dengan subjek orang tertentu sesuai dengan pilihan Anda.
  • Dijadwalkan : Opsi ini membuat video yang akan ditayangkan sesuai dengan jadwal dimana Anda sudah atur sedemikian rupa.

Opsi Publikasikan Video

Jika prosedur upload sudah selesai, maka langkah berikutnya adalah mempublikasikan menggunakan prosedur klik button publikasikan. Setelah itu video Anda akan ditayangkan dan tinggal klik opsi selesai.

Penyediaan URL Video

Dalam cara upload video ke YouTube juga harus mencermati akses URL yang mana sudah tersedia bila Anda selesai menambahkan video ke akun YouTube. Cara menonton video juga lebih mudah yakni cukup menggunakan URL tersebut, lalu cek hasil upload video Anda. Jika nanti harus mendapat editing maka porsi edit juga harus sesuai kebutuhan Anda.

Dalam berbagai macam cara upload video ke YouTube memang harus mencermati beberapa bagian sehingga akhirnya Anda bisa langsung menggunakan semua sarana dengan lebih sempurna. Buat akses video lebih berkualitas kemudian manfaatkan editing agar ke depannya hasil video benar-benar bisa memberi dampak baik kepada semua pengguna akun YouTube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here