Inilah 5 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

0
821

Cara merawat power bank agar tidak cepat rusak memang membutuhkan ketelitian dan kepedulian tinggi pada alat penyimpan daya ini. Kalau kita menggunakan seadanya dan tidak pandai merawatnya, maka bisa jadi power bank tersebut tidak akan berumur lama. Meski masih bisa digunakan, kadang daya yang diberikan tak sehebat sewaktu kita membeli pertama kali. Ini dinamakan dengan penurunan daya.

Penurunan daya ini bisa terjadi karena kurang perawatan dari si pemilik. Maka sangat penting sekali bagi kita untuk bisa mengetahui detail-detail cara merawat power bank agar tidak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama. Kalau begitu, kita bisa tetap nyaman ketika bepergian ke manapun. Karena kita sudah memiliki cadangan daya baterai yang bisa kita gunakan tiap kali baterai ponsel kita drop atau tinggal sedikit.

Nah, dari sekian banyak cara, kami telah merangkum setidaknya lima cara mudah yang bisa kita terapkan sekarang juga. Berikut ini adalah beberapa cara merawat power bank agar tidak cepat rusak. Langsung simak aja yuk!

1. Cara merawat power bank: Pakailah dengan porsi yang sewajarnya

Cara merawat power bank
via images.google.com

Tips yang pertama ialah dengan memakai power bank sesuai porsinya, tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang pula. Terlalu sering memakai power bank menyebabkan daya yang ada dalam power bank perlahan-lahan akan turun. Sebab, umur power bank juga dipengaruhi oleh seberapa sering kita menggunakannya.

Maka dari itu, cara paling bijak saat merawat power bank ialah dengan menggunakannya dalam batas yang wajar. Hanya gunakan power bank saat kita pergi jauh dari rumah, misalkan untuk kegiatan traveling. Kalau sedang berada di rumah, maka solusi paling baik adalah dengan me-charge langsung ketimbang menggunakan power bank.

2. Jaga baik-baik power bank dan lindungi dia

Cara merawat power bank
via images.google.com

Seperti halnya menjaga hubungan dengan seseorang, power bank juga butuh perlindungan. Jaga baik-baik power bank kamu dari berbagai hal berbahaya. Sebab, apabila tidak dijaga betul, maka akan terjadi kerusakan pada komponennya, yang menjalar ke bagian komponen dalam yang akan mengakibatkan kerusakan dalam sel power bank.

Misalkan, usahakan agar power bank tidak terjatuh saat kamu bawa. Sebab, power bank pun sama seperti alat elektronik lainnya, yakni tidak tahan banting. Kalau terjatuh, kinerja power bank akan menurun dan lama kelamaan akan rusak. Solusi lain yang bisa kamu pilih ialah dengan membeli case pelindung power bank, biasa dijual di konter-konter.

3. Jangan dekatkan dengan perangkat elektronik lain

Cara merawat power bank
via images.google.com

Seperti halnya alat elektronik lain yang mudah bereaksi ketika didekatkan dengan alat elektronik lainnya, power bank pun juga butuh dijaga radar kedekatannya. Jangan sampai kamu me-charge power bank di atas kulkas, atau di dekat televisi. Jika terjadi, maka akan mengakibatkan kerusakan pada komponen masing-masing alat elektronik tadi.

Sebab, di setiap alat elektronik, terdapat gelombang dan medan magnetik yang saling terhubung. Apabila didekatkan, maka kedua alat elektronik akan memancarkan gelombangnya, sehingga terjadi tabrakan dan akan mengakibatkan kerusakan pada komponennya. So, hindari meletakkan power bank dekat alat elektronik, ya!

4. Hindari suhu terlalu panas ataupun terlalu dingin

Cara merawat power bank
via images.google.com

Cara merawat power bank selanjutnya adalah dengan menghindarkan power bank dari suhu ekstrem. Baik suhu yang terlalu panas, ataupun suhu yang terlalu dingin. Alat elektronik seperti power bank ini tidak tahan dengan keberadaan suhu ekstrem. Maka dari itulah, tempatkan power bank di ruangan dengan suhu normal.

Sebisa mungkin hindarkan meletakkan power bank yang berhubungan dengan sinar matahari langsung. Pun, hindarkan meletakkan power bank di tempat yang lembab dan terkena air. Jika terjadi, akan mengakibatkan komponen rusak dan kinerjanya pun akan terganggu. Solusi lainnya, pakaikan case pelindung pada power bank milikmu.

5. Pahami bagaimana cara memakainya, dan waktu yang tepat

Cara merawat power bank
via images.google.com

Cara merawat power bank yang terakhir ialah dengan memahami betul bagaimana cara memakai power bank dan waktu yang tepat saat memakainya. Hal-hal sederhana seperti charge power bank pun cukup menyita perhatian apabila kamu ingin merawat power bank dengan baik. Misalkan, segera cabut jika sudah penuh (lampu indikator menyala).

Isi daya power bank hingga penuh, jangan mudah mencabutnya ketika belum penuh. Sebab, jika terlalu sering dicabut, maka daya tahan power bank pun akan berkurang. Dan terakhir, jangan charge power bank jika memang belum habis dayanya. Segera charge jika daya power bank tinggal 15% atau di kisarannya.

Nah, itu dia tadi sederet tips dan cara merawat power bank supaya daya tahannya bisa lebih lama dan awet digunakan sampai kapan saja. Dengan begitu, kita tetap bisa mengandalkan power bank setiap kali pergi ke luar rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here