5 Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7, 8 dan 10

0
1767

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Apakah kamu sering mengalami masalah karena laptop lemot. Laptop kamu mengalami kelambatan saat mengoperasikannya. Laptop lambat bukan lah hal yang wajar dan sangat mengganggu aktivitas kita saat akan mengoperasikannya. Terkadang saat membuka start up saja memakan beberapa menit sampai terbuka. Kemudian saat membuka windows explorer juga sering not responding atau malah ngehang. Entah itu menggunakan windows 7, windows 8, ataupun windows 10 sekalipun. Laptop lambat merupakan masalah yang serius bagi kita dan dapat menyebabkan gangguan psikis. Dipastikan kita juga akan mengalami stress dan sering marah sendiri kayak emak – emak yang lagi ketilang polisi. Hal itu juga sudah menjadi hal yang biasa kalau sudah menghadapi seberapa lemotnya. Bahkan sampai – sampai cursor nya sama sekali tidak bisa di gerakan.

Bagaimana caranya agar laptop tidak lemot dan kembali sehat? Jangan dikawatirkan anda mengalami hal tersebut. Alangkah baiknya dicegah sendiri dan jangan buru-buru membawa laptop ke bengkel kalau alasannya cuma mengalami lambat / lemot. Pada postingan kali ini kami akan memberitahu kepada anda cara mengatasi laptop yang mengalami lambat atau lemot saat di operasikan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windowscara mengatasi laptop lemot

Berikut adalah beberapa penyebab kenapa laptop anda menjadi lambat atau lemot. Silahkan anda cermati penyebab yang sering di alami oleh pengguna laptop. Dan temukan solusi tepat yang akan di jelaskan dibawah ini. Berikut cara mengatasi laptop lemot di windows :

    1. Terlalu Banyak Install Aplikasi

Banyaknya aplikasi yang di install di dalam laptop itulah hal yang merupakan salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Perlu kalian ketahui, ada aplikasi yang tidak kita sadari berjalan di dibelakang layar saat kita menjalakan laptop. Walaupun aplikasi tersebut tidak dipakai. Solusi yang tepat untuk mengatasi laptop lemot yang di sebabkan oleh aplikasi yang terlalu banyak sebaiknya Unistall saja aplikasi yang sekiranya tidak di pakai.

    1. Terlalu Banyak File Yang Tersimpan Diharddisk

Banyaknya file seperti musik, film, atau dokumen lainnya yang terlalu banyak dan melebihi ukuran batas harddisk. Sampai – sampai space (ruang kosong) harddisk tersisa kurang dari 3GB maka kinerja laptop akan mengalami penurunan bahkan akan lemot sepanjang hari. Solusi untuk mengatasinya ada dua cara yang kami sampaikan. Cara pertama adalah menghapus file-file yang menurutnya tidak penting dan tidak digunakan. Cara ini akan mebantu menambah space atau ruang kosong yang ada di harddisk anda. Untuk cara yang kedua adalah memindahkan dokumen kedalam cloud, ini adalah cara yang tepat agar harddisk mempunyai ruang kosong yang lebih banyak.

    1. Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Jangan memaksakan menjalankan aplikasi secara bersamaan di laptop yang memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Karena akan menyebabkan Laptop lemot dan pastinya akan sering mengalami yang namanya Not Responding saat mau aktivitas lainnya. Sebab itu jangan terlalu memaksakan karena memaksa itu tidak baik dan rasanya sakit. Sebaiknya kita menjalankan Aplikasi secara beruntut atau satu – satu yang dirasa lebih penting dahulu. Jika sudah, langsung tutup dan ganti dengan aplikasi lainnya, agar kinerja laptop menjadi ringan.

    1. File Temporary Yang Menumpuk

Temporary file merupakan file yang penggunaannya hanya bersifat sementara. File tersebut dibuat secara otomatis oleh sistem Windows ataupun juga suatu program untuk menyimpan data sementara ketika file sedang di gunakan. Akan tetapi temporary file akan terhapus secara otomatis saat suatu program akan di tutup atau selesai digunakan. Tetapi itu juga jarang terhapus secara total dan masih ada yang tertinggal dan menyebabkan lemot pada Laptop. Untuk cara mengatasi laptop lemot yang dikarenakan temporary file disarankan menghapusnya dengan menggunakan bawaan windows. Yaitu Disk Cleanup atau kalian bisa juga menggunakan juga aplikasi pihak ketiga yaitu CCleaner.

  1. Instal Ulang Windows

Jika dari cara di atas belum membawakan hasi yang memuaskan. Cara satu – satunya untuk mengatasi laptop lemot yaitu instal ulang windownya. Karena dengan melakukan instal ulang laptop akan kembali ringan seperti baru lagi dan laptop menjadi fresh, lancar di gunakan.

Begitulah caranya untuk mengatasi laptop lemot yang kami rekomendasikan kepada sobat alinea satu semuanya. Semoga setelah mencoba cara di atas membuat laptop sobat tidak lemot lagi. Selamat mencobanya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here