5 Cara Kreatif Supaya Belajar Apapun Jadi Lebih Mudah

    0
    431

    Hidup ini diisi dengan berbagai aktivitas. Ibadah, bekerja, dan juga belajar. Belajar harus terus dilakukan, bahkan sampai akhir hayat. Belajar tidak mengenal usia, jenis kelamin, suku, dan sebagainya. Belajar adalah hak segala bangsa. Dan kita wajib untuk terus belajar agar mampu berkembang dalam hidup.

    Namun, ada saja kendala dalam belajar. Entah belajar di sekolah, kuliah, atau ikut kursus, seminar, dan sejenisnya. Proses belajar dirasa terlalu memberatkan dan justru membuat kita jadi terbebani. Padahal, seharusnya belajar segala sesuatu di dunia ini terasa menyenangkan dan membuat kita penasaran.

    Nah, untuk mengatasinya, kita bisa menerapkan beberapa cara kreatif supaya proses belajar apapun jadi lebih mudah dan tidak membebani. Yuk kita mulai.

    1. Pakai aplikasi/website pembelajaran yang terpercaya

    Belajar online
    Belajar online

    Sekarang, banyak sekali aplikasi ataupun website pembelajaran yang bisa diakses gratis maupun berbayar. Banyak alternatif sumber belajar yang kredibel untuk kita pelajari. Kita semakin dimudahkan karena adanya teknologi. Kita tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkan edukasi yang berkualitas.

    Dengan begitu, kita bisa mengakses pembelajaran dengan lebih cepat. Di mana dan kapan saja, fleksibel waktunya. Kita juga bisa mengatur waktu agar proses belajar bisa maksimal dan tidak mengganggu aktivitas wajib seperti bekerja. Karenanya, cara belajar dengan aplikasi atau website ini dinilai cukup efektif.

    2. Cari suasana belajar yang nyaman buat kamu

    Suasana belajar nyaman
    Suasana belajar nyaman

    Apabila sudah menemukan sumber belajar yang terpercaya, kini saatnya memulai prosesnya. Belajar tidak akan masuk ilmunya kalau kita sendiri tidak nyaman saat menjalani prosesnya. Entah karena memang si pengajar kurang asyik atau tempatnya yang memang tidak nyaman untuk kita.

    Karena itu, cobalah untuk menyiasati dengan menciptakan kenyamanan itu dalam diri kamu sendiri. Kamu bisa mencari gaya belajar yang nyaman. Baik dari segi waktu (pagi, siang, malam), tempat (sepi, ramai), partner (sendiri, berkelompok), hingga pendampingan (sendiri, butuh didampingi).

    3. Belajar bareng sama teman kamu yang bisa ngajarin

    Belajar bersama mentor
    Belajar bersama mentor

    Bila kamu punya teman atau bahkan mentor, wah, itu bisa menguntungkan buatmu. Kamu bisa langsung belajar dari mereka. Mereka yang memang sudah punya keterampilan di bidang yang akan kamu pelajari. Dengan begitu, kamu bisa dipandu dari tahap awal, menengah, hingga tahap yang paling sulit.

    Progres belajar kamu pun bisa dipantau oleh mereka sekaligus diingatkan apabila melenceng dari target. Kamu bisa belajar lebih efektif dan menghemat waktu karena tidak perlu melakukan trial & error. Nah, karena itu, coba kamu cari teman yang sudah mahir, lalu coba minta dia untuk mengajarimu.

    4. Hindari berpikir kalau belajar itu susah atau ngebosenin

    Belajar itu mudah
    Belajar itu mudah

    Kalau kita sudah berpikir bahwa belajar adalah proses yang sulit dan membosankan, ya wajar saja kalau ilmunya tidak masuk ke otak kita. Karena dari awal kita sudah membuat batas yang mempengaruhi cara berpikir kita. Pikiran menjadi terbatas dan malah bisa jadi cenderung menyerah.

    Karena itu, hindari berpikir seperti itu ya. Sebaliknya, kamu harus menanamkan sugesti bahwa belajar itu mudah dan menyenangkan. Apalagi kalau belajar tanpa ada paksaan, sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam eksplorasi. Dengan begitu, kamu akan merasakan bahwa belajar memang mudah dan menyenangkan.

    5. Sekali-sekali kamu butuh hiburan, namun jangan keterusan

    Rehat sejenak
    Rehat sejenak

    Ya, benar. Kamu butuh hiburan. Di sela-sela pekerjaan yang terus berdatangan, jumlahnya melebihi batas kemampuan kita, maka solusinya adalah menenangkan diri sekaligus pikiran. Salah satu cara paling efektif, ya hiburan. Hiburan yang memang menyegarkan pikiran, membuat kamu jadi lebih tenang.

    Hiburan ini bisa kamu lakukan di jam-jam istirahat siang, atau sore setelah pulang. Kalau mau lebih nyaman, ya kamu buat waktu khusus untuk refreshing di akhir pekan. Tidak boleh ada gangguan, termasuk pekerjaan. So, tidak apa-apa kamu bekerja keras di hari kerja, asal di akhir pekan menenangkan pikiran.

    Bagaimana, mudah bukan? Kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan dan membuat kita mampu menyerap ilmu yang telah dipelajari. Otak kita jadi kaya akan ilmu pengetahuan untuk diterapkan dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here