Baterai HP Cepat Rusak? Ini 5 Penyebabnya, Harus Dihindari Segera!

0
588

Baterai HP cepat rusak? Kira-kira apa ya penyebabnya? Mungkin pertanyaan tadi kerap kali hinggap dalam benak kita, saat melihat performa baterai ponsel pintar makin tak karuan. Baru dipakai beberapa jam saja, baterai sudah mulai drop saja. Entah apa penyebabnya, tiba-tiba kapasitas baterai menjadi beberapa persen saja. Tentu hal ini membuat kita jadi sering merasa kesal, apalagi buat yang mengandalkan ponsel sehari-harinya.

Baterai HP cepat rusak sebenarnya ada penyebab utamanya, dimana mungkin kita tidak menyadarinya. Beberapa kebiasaan yang kurang benar kerap kali kita lakukan. Sehingga, bisa jadi menyebabkan ketahanan baterai HP menjadi lemah. Kebiasaan-kebiasaan seperti mengisi daya baterai sambil memakainya, merupakan salah satu kebiasaan yang sangat dilarang sekaligus menjadi penyebab baterai HP jadi cepat rusak.

Kalau begini, harus melakukan apa kira-kira? Tentu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tadi, yang menjadi pemicu lemahnya daya tahan baterai ponsel. Sebab tanpa mengubah kebiasaan, tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menjaga dan merawat ketahanan daya baterai. Nah, supaya lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum penyebab baterai HP cepat rusak. Langsung simak aja yuk!

1. Baterai HP cepat rusak: Sering terkena suhu ekstrem

baterai hp cepat rusak
via images.google.com

Penyebab pertama kenapa baterai ponsel sering lowbatt adalah suhu yang ekstrem. Ponsel yang keseringan diletakkan di suhu yang ekstrem akan rusak komponen di dalamnya. Sebab, komponen-komponen ini akan ikut memanas jika suhu ekstremnya panas. Apabila suhu mesin panas, maka akan mengakibatkan daya baterai terganggu.

Pengisian pun jadi tidak maksimal, sehingga daya baterai akan mudah melemah. Tiap kali dipakai sebentar, sudah tersedot banyak dan daya baterai tinggal beberapa persen saja. Hal ini perlu diatasi dengan menghindarkan ponsel dari sinar matahari langsung. Apabila diperlukan, belilah pelindung ponsel berupa case.

2. Melepas charger padahal daya baterai belum penuh

baterai hp cepat rusak
via images.google.com

Penyebab selanjutnya yang jarang disadari oleh kita adalah seringkali kita melepas charger saat mengisi daya baterai, padahal daya tersebut belum penuh atau setidaknya mencapai 90%. Mengisi daya baterai yang bagus ialah mengisinya hingga muncul notifikasi aman untuk dicabut. Biasanya muncul dalam notifikasi LED berwarna hijau.

Kenapa sering melepas charger bisa menyebabkan baterai HP cepat rusak? Sebab, kebanyakan baterai HP ialah bertipe Li-Ion. Baterai Li-Ion sangat dipengaruhi oleh seberapa sering diisi ulang. Semakin sering diisi ulang, maka kualitas daya tahannya akan berkurang. Karena itulah, jangan sering-sering melepas charger saat belum penuh.

3. Charger tidak sesuai spesifikasi HP

baterai hp cepat rusak
via images.google.com

Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP juga dapat mengakibatkan ponsel cepat lowbatt. Hal ini tentu sangat berpengaruh, sebab tidak semua ponsel cocok dengan semua jenis charger. Ada beberapa ponsel yang memang harus menggunakan charger original khusus dan tidak boleh menggunakan charger lainnya.

Kebanyakan kasus, kita sering memakai charger dengan voltage lebih kecil daripada yang seharusnya kita pakai di charger original. Akibatnya, daya baterai tidak terisi dengan maksimal dan justru dapat memperlambat pengisian daya baterai. Dan tidak jarang pula, baterai bakal cepat habis apabila tidak diisi dengan charger original.

4. Sering dipakai sewaktu mengisi daya

baterai hp cepat rusak
via images.google.com

Paling sering dilakukan oleh kita ialah memakai ponsel saat mengisi daya. Hal ini tentu bakal merusak baterai ponsel karena harus bekerja dua kali lebih keras. Baterai yang harusnya mendapat ‘asupan’ daya justru harus mengeluarkannya kembali. Tentu saja, hal ini bakal merusak komponen yang ada dalam baterai ponsel.

Apabila keseringan memakai saat mengisi daya, akan terjadi kenaikan suhu pada ponsel. Dan ini akan merusak komponen-komponen di dalamnya, termasuk dalam baterai ponsel. Maka dari itulah, sebisa mungkin untuk menon-aktifkan ponsel ketika sedang diisi dayanya. Jangan malah dipakai buat chatting atau bahkan bermain game.

5. HP selalu dipakai terus-menerus tanpa henti

baterai hp cepat rusak
via images.google.com

Penyebab kenapa baterai HP cepat rusak yang terakhir ialah ponsel jarang diberi waktu istirahat dengan menon-aktifkannya. Hal ini tentu sangat masuk akal, sebab apapun bentuknya entah baterai ponsel atau alat-alat lainnya, jika tidak diberi waktu jeda untuk dimatikan, maka akan mengakibatkan kerusakan yang bertahap.

Komponen jadi mudah panas dan akan merambat ke komponen lain sehingga tidak jarang akan terjadi korsleting. Saran paling bagus untuk hal ini ialah cobalah untuk mematikan handphone secara berkala. Misalkan di waktu-waktu yang kita tidak membutuhkan ponsel yakni pada saat tidur. Matikan di waktu kita istirahat, seolah-olah istirahat bersama.

Nah, itu dia tadi sederet penyebab kenapa baterai HP cepat rusak. Semoga teman-teman bisa menghindari kebiasaan-kebiasaan tadi, supaya baterai HP teman-teman tetap dalam kondisi baik. Sehingga, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ponsel pintar akan lebih lancar dan bisa teratasi dengan baik. Memang berat awalnya, tetapi lama kelamaan pasti terasa ringan, sebab kita bisa karena terbiasa, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here