Mengenal Bakteri Superbugs Akibat Dari Obat Antibiotik dan Penyebabnya

0
1890

Bakteri Superbugs – Informasi mengenai apa itu bakteri superbugs? Penyebab dan Cara pengobatan nya. Pada masalah kesehatan, tentunya banyak ditemukan banyak bakteri – bakteri yang ditemukan di dunia medis. Tak sedikit bakteri yang malah bisa menguntungkan dan tak sedikit pula bakteri yang bisa merugikan bagi tubuh kita. Bakteri terkadang juga bisa diakibatkan oleh obat antibiotik. Tentunya kita tahu bahwa obat antibiotik itu sendiri bisa membuat anti bodi semakin bagus. Akan tetapi, selain itu juga bisa berakibatkan terkena bakteri. Salah satu nya Bakteri Superbug. World Antibiotics Awareness yang merupakan perayaan menyeluruh dari World Health Organization (WHO) memberitahukan semua warga dunia akan kesadaran penggunaan obat antibiotik.

Tujuan dari perayaan itu yaitu untuk meningkatkan kesadaran resistensi antibiotik global. Serta mendorong seluruh masyarakat melakukan praktek penggunaan antibiotik sebaik mungkin. Nah, apabila pada penggunaan obat antibiotik itu bisa salah atau berlebihan. Bisa menyebabkan dampak terkena bakteri superbugs. Apa itu bakteri superbugs? Bakteri superbugs atau NDM-1 (New Delhi Metallo-beta-laktamase-1) adalah bakteri yang disebabkan oleh penggunaan obat antibiotik yang berlebihan. Selain itu, penyebaran virus ini tersebar oleh ulah wisatawan yang suka melakukan operasi plastik untuk kecantikan. Sudah ditemukan kasus korban meninggal akibat terjangkit virus ini. Sementara di Indonesia sendiri ada artis Nadia Vega yang juga terpapar bakteri superbugs.

bakteri superbugsSaat ini, para ilmuwan takut kalau bakteri superbugs ini bisa masuk dengan mudah ke dalam bakteri E.Coli. Jika sampai hal ini bisa terjadi, maka akan langsung menyebar dengan cepat dan sangat mustahil untuk bisa diobati. Karena para ilmuwan saat ini bisa mengubah bakteri menjadi lebih kebal terhadap antibiotik yaitu Carbapenems. Kalau di Amerika Serikat kasus ini juga sudah diidentifikasi antara bulan Januari dan bulan Juni 2016 lalu. Menurut Pusat Pengawasan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC/ Centers for Disease Control and Prevention) bahwa para pasien telah menjalani perawatan medis ke India.

Tempat yang paling mudah untuk terkena bakteri ini ialah Rumah Sakit. Karena rumah sakit sebagai tempat berbagai penyakit untuk bisa berkembang. Menurut para ahli bahwa hampir 100 ribu orang meninggal akibat bakteri superbugs. Dan hampir 1,7 juta pasien rumah sakit terjangkit bakteri ini yang belum ada obatnya.

Saat ini penularan bakteri ini melalui bahan makanan dirasa kurang diperhatikan. Akan tetapi, sudah ditemukan bakteri ini di pertokoan yang menjual daging ayam, daging sapi hingga daging babi. Pada awal tahun 2017 kemarin, penelitian membuktikan bahwa penggunaan antibiotik berlebih dalam produksi pertanian menjadi penyebab utamanya.

Nah, di tahun 2017 ini ternyata bakteri ini sudah menyerang artis Indonesia. Yaitu Nadia Vega, yang setelah menikah dengan seorang bule dan menetap di Singapura. Sejak itu Nadia Vega sudah tidak terlihat lagi. Namun, setelah kembali ke Indonesia untuk menghadiri acara, ia sempat menceritakan kehidupannya di Singapura.

Ia sempat bercerita bahwa di sana sempat terserang bakteri superbugs. Jika bakteri ini tidak ditangani dengan cepat, maka bisa menyebar ke organ tubuh dan bisa menyebabkan kematian. Sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

Menurut penelitian dari PLOS Medicine, superbugs diprediksikan bisa membunuh 10 juta manusia per tahun jika di tahun 2050 belum ditemukan obatnya. Angka tersebut menunjukkan bahwa satu orang meninggal setiap tiga detik pada tahun 2050 akibat superbugs.

Untuk itu, mulai sekarang kita harus berhati – hati dalam penggunaan antibiotik dan dalam gaya hidup. Akan lebih baik jika mencegah daripada mengobati. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here