5 Tips Mudah dan Praktis untuk Meningkatkan Daya Ingat

    0
    355

    Ingin meningkatkan daya ingat? Sederhana saja. Intinya adalah dengan mengontrol pikiran kita agar mampu mengolah informasi dengan baik. Namun, apakah itu cukup? Bagaimana penerapan praktisnya? Tenang, penulis bakal sampaikan tips mudah dan praktisnya dalam tulisan singkat kali ini.

    Sebelum itu, penting untuk tau bahwa daya ingat bisa saja menurun tanpa kita sadari. Jarangnya kita untuk mengoptimalkan kinerja otak dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, tentu bakal berpengaruh terhadap turunnya kinerja otak, termasuk dalam mengingat memori yang kita butuhkan.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan agar kinerja daya ingat otak kita bisa lebih mudah. Yuk kita mulai.

    1. Perhatikan asupan makanan kamu

    Meningkatkan daya ingat asupan makn

    Otak kita merupakan pusat kendali yang membutuhkan asupan makanan cukup gizi. Begitu pula untuk orang tubuh yang lain. Semua berawal dari apa yang kita makan sehari-hari. Maka, penting untuk memilah makanan yang akan kita konsumsi.

    Sebisa mungkin untuk memaksimalkan gizi makanan yang ada. Penuhi asupan berupa nasi, lauk pauk, sayur, hingga buah. Keempat komponen makanan ini bakal optimal membantu meningkatkan daya ingat apabila diiringi dengan minum air mineral yang cukup dan susu yang bergizi.

    2. Menjaga kualitas tidur malam

    Jaga kualitas tidur

    Beberapa organ tubuh yang mendukung metabolise serta optimalisasi kinerja otak, akan bekerja saat kita tidur. Jadi, selama kita tidur, otak sadar kita sedang dalam kondisi istrahat sedangkan otak bawah sadar terus bekerja. Karenanya, jangan siksa otak kita dengan minimnya kualitas dan kuantitas tidur malam.

    Organ tubuh juga butuh istirahat disaat menjelang malam. Nggak susah sebenarnya untuk tidur lebih awal. Namun, kebiasaan lama yang membuatnya jadi lebih sulit. Tugas kita adalah membiasakannya dari awal lagi.

    3. Latih dirimu untuk rutin menulis

    Rutin menulis tiap hari

    Menulis itu menyembuhkan, juga meringankan beban otak kita. Kita tidak akan bisa untuk mengingat semua hal dalam keseharian. Kita butuh media untuk menuliskan. Supaya apa? Agar otak kita mampu mereview apa yang seharusnya kita ingat.

    Selain itu, menulis juga membuat otak kita jadi lebih ringan bebannya. Kadang kita juga mengalami yang namanya “overthinking”. Kegiatan ini sangatlah menguras kinerja otak dan ujung-ujungnya malah bikin stress. Karena itu, tuliskan. Lalu pikirkan yang sesuai prioritas saja.

    4. Hindari memikirkan hal-hal tidak penting

    Hindari berpikir tidak penting

    Ini juga tidak kalah penting. Sebisa mungkin kita memikirkan hal-hal yang penting saja. Hal-hal yang memang membuat diri kita jadi lebih baik dari sebelumnya. Berpikir itu ada seninya. Usahakan agar diri kamu mampu mengontrol apa yang harusnya kamu pikirkan, apa yang harusnya kamu buang.

    Keahlian mengontrol pikiran ini memang butuh waktu. Dan butuh ketahanan, karena memang tidak mudah. Jika kita sudah terbiasa buat memikirkan hal-hal positif dan membahagiakan, maka kita akan mudah untuk mengingat hal-hal baru atau lama sekalipun.

    5. Terus belajar hal-hal baru

    Belajar hal baru tiap hari

    Otak kita tidak boleh dibiarkan manja. Harus terus dilatih. Sama seperti saat kita ingin punya badan atletis, ototnya harus dilatih. Begitu juga dengan kinerja otak, butuh latihan rutin setiap hari. Dengan cara sederhana: meningkatkan kinerjanya.

    Salah satu cara praktisnya adalah dengan terus belajar hal-hal baru. Dengan begitu, otak kita akan menerima informasi baru yang segar dan membuatnya terbiasa. Proses mengingat pun jadi lebih mudah, karena otak kita sudah terbiasa untuk “diajak berpikir”.

    Nah, itu dia tadi sederet tips mudah dan praktis untuk meningkatkan kinerja daya ingat otak kita. Dalam keseharian, otak kita memegang peranan sangat penting sebagai pusat pengendali. Karenanya, kita harus berhati-hati dan terus menjaga dan merawatnya dengan berpikir benar dan baik.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here