4 Destinasi Wisata di Puncak Cianjur yang Wajib Kamu Kunjungi

0
979

Puncak adalah salah satu destinasi wisata yang sangat indah, selain alamnya yang masih asri Puncak juga mempunyai banyak tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Perlu kamu ketahui bahwa Puncak terbagi kedalam 2 wilayah kabupaten yakni Bogor dan Cianjur. Perbatasannya adalah di Puncak Pass, yakni bertemunya jalan tanjakan dan turunan.

Kita akan bahas jalur Puncak Cianjur, disana terdapat beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal dan sering kita dengar namanya. Jika anda memilih untuk berlibur ke daerah Puncak Cianjur maka anda wajib tahu tempat wisata di Puncak Cianjur berikut ini.

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata yang menyajikan ribuan jenis bunga yang indah. Layaknya sedang bermain di taman maka kamu akan menemukan berbagai jenis bunga disana dengan pemandangan yang indah. Luas Taman Bunga mencapai 23 Hektar dengan berbagai fasilitas umum yang bisa kalian gunakan.

Ada 300 jenis bunga dari seluruh dunia terdapat disana, anda tidak perlu khawatir karena disana terdapat banyak pusat jajanan, kuliner, arena bermain, pusat oleh-oleh dan masih banyak lagi. Taman Bunga Nusantara terletak di desa Kawung Luwuk, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur.

2. Kebun Raya Cibodas

Salah satu destinasi wisata di Puncak Cianjur adalah Cibodas. Mungkin bagi sebagian Traveller sudah tidak asing dengan nama Cibodas, salah satu pusat wisata yang sering dikunjungi banyak orang ketika ke puncak adalah Kebun Raya Cibodas. Disana kamu dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, kamu dapat mengajak keluarga kamu untuk santai dan rekreasi disana.

Kebun Raya Cibodas terletak di kaki gunung Gede Pangrango, disana terdapat berbagai macam pusat rekreasi seperti arena petualangan, pusat makanan, pusat pemandangan, pohon-pohon yang berusia ratusan tahun, dan masih banyak lagi. Jika kamu senang berpetualang maka kamu harus coba mendaki ke Curug Cibeureum yang ada disana. Tidak lupa pula disana disediakan area parkir yang luas dan juga pusat jajanan oleh-oleh dan souvenir khas Cibodas.

3. Gunung Gede Pangrango

Buat kamu yang hobi mendaki rasanya sudah familiar dengan destinasi wisata satu ini. Gunung Gede Pangrango adalah Gunung terbesar di Jawa Barat, Gunung ini dikelilingi oleh 3 Kabupaten yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Namun untuk jalur resmi mendaki ke Gunung Gede hanya lewat Cianjur walaupun bisa melalui Sukabumi dan Bogor namun belum terjamin jalurnya aman apa tidak.

Gunung gede banyak dikunjungi oleh para pendaki setiap tahunnya, disana terdapat pusat camping dan pemandangan yang indah seperti alun-alun dan akwah putih. Selain itu disana juga terdapat bunga yang sangat langka yakni Bunga Edelweis yang dilindungi oleh undang-undang. Kamu bisa menikmati pemndangan kota Bogor, Cianjur, dan Sukabumi di puncaknya. Destinasi wisata Gunung Gede Pangrango patut anda coba bagi anda yang hobi mendaki.

4. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang mulai populer di Indonesia 3 tahun belakangan ini, walaupun sebenarnya sudah lama ada namun baru diresmikan menjadi pusat wisata pada tahun 2013. Disana terdapat banyak tumpukan situs bebatuan yang usianya diklaim telah ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Banyak pakar menyebutkan bahwa situs gunung padang ini usianya lebih tua dari candi Borobudur dan candi Prambanan di Jogja. Situs ini pun di klaim menjadi situs megalitik terbesar di Asia Tenggara.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi Wisata di Puncak Cianjur, namun admin akan ulas dalam artikel berikutnya. Sekedar info jika kamu ingin berlibur ke Puncak Cianjur kamu harus mengetahui info jalur puncak Cianjur, karena jika dihari libur akan macet parah dan dilakukannya sistem buka tutup.

Sebaiknya kalian mengetahui jalur alternatif ke Puncak Cianjur jikalau jalur utama macet, kalian bisa lewat Bandung menuju Cianjur ataupun via Jonggol. Jangan lupa juga membawa pakaian yang cukup tebal karena jika malam hari udara disana akan sangat dingin apalagi jika anda berkunjung di musim hujan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here